POLA PEMBELAJARAN SUNNAH NABI DI TK ISLAM DAN SD ISLAM TERPADU
DOI:
https://doi.org/10.38153/almarhalah.v1i1.101Keywords:
Pola, Pembelajaran, Sunnah NabiAbstract
Hari ini kita menyaksikan bahwa anak-anak didik masih diaktifkan kemampuan kognitif, yaitu menghafal secara sekilas, kelas-kelas terlalu padat dengan muatan materi umum, sangat miskin motivasi, dibekali pengetahuan agama namun hanya sebatas penyampaian tanpa praktek atau amaliah yang diiringi penghayatan secara mendalam. Di luar kelas, pergaulan bebas di mana-mana, permainan melalui gadget yang sudah tidak asing bagi anak usia dini, juga kurangnya kontrol dan pengawasan serta perhatian dari para orang tua, sehingga hal itu semua menjadikan anak bersikap, bertingkah laku jelek, melakukan tindak kejahatan, berfoya-foya dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pembelajaran sunnah nabi di jenjang pendidikan tingkat TK dan SD, dan untuk mengetahui sunnah-sunnah nabi yang diajarkan di TK Islam dan SD Islam Terpadu. Dari hasil kajian penelitian tersebut, didapatkan pola pembelajaran yang bagus dan efektif dan beberapa sunnah nabi yang berkaitan dengan etika-etika social yang baik dan bisa diterapkan oleh para pendidik, khususnya kedua orang tua yang ingin mendambakan putra-putrinya menjadi kebanggaan atau qurrota a’yun bagi keluarga semua, menjadi umat yang dicintai Rasulullah SAW. Salah satu ciri orang yang mencintai Nabi SAW. adalah gemar menghafal, menyebarkan dan mengamalkan sunnah-sunnahnya. Dengan bekal itu semua maka ia akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat serta mendapatkan syafaat Rasul untuk bisa bersama-sama masuk surga.
References
Anitah Sri, W. dkk., Strategi Pembelajaran di SD, cet. 20, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014
Fathurrahaman Muhammad dan Sulistiyorini, Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2012
Ihsan Hamdani dan Ihsan A.Fuad, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2007
Ismail, SM., Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PIKEM, Semarang: RaSAIL, 2008
Madjid Khon, Abdul, Ulumul Hadis, Jakarta: Amzah, 2013
Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997
Solahudin, Agus, dan Suyadi Agus, Ulumul Hadis, Bandung: Pustaka Setia, 2009
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015
Untung, Moch.Slamet, Metode Pendidikan Ala Rasulullah, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2009
Yai, Said bin Imanul Huda, Mudah Menghafal 100 Hadits, Jakarta: Darussunnah, 2015
Ulwan, Abdullah Nasih, terj., Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani, 2007
https://id.m.wikipedia bahasa Indonesia, diakses pada 10 Februari 2017 jam 13.50
Dr. Rusman, M.Pd., dalam http//Materi Pendekatan dan Model Pembelajaran.Pdf, diakses pada 10 Februari 2017 jam 14.00 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nur Laily Fauziyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.