POLA PEMBELAJARAN SUNNAH NABI DI TK ISLAM DAN SD ISLAM TERPADU

Authors

  • Nur Laily Fauziyah STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.38153/almarhalah.v1i1.101

Keywords:

Pola, Pembelajaran, Sunnah Nabi

Abstract

Hari ini kita menyaksikan bahwa anak-anak didik masih diaktifkan kemampuan kognitif, yaitu menghafal secara sekilas, kelas-kelas terlalu padat dengan muatan materi umum, sangat miskin motivasi, dibekali pengetahuan agama namun hanya sebatas penyampaian tanpa praktek atau amaliah yang diiringi penghayatan secara mendalam. Di luar kelas, pergaulan bebas di mana-mana, permainan melalui gadget yang sudah tidak asing bagi anak usia dini, juga kurangnya kontrol dan pengawasan serta perhatian dari para orang tua, sehingga hal itu semua menjadikan anak bersikap, bertingkah laku jelek, melakukan tindak kejahatan, berfoya-foya dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola pembelajaran sunnah nabi di jenjang pendidikan tingkat TK dan SD, dan untuk mengetahui sunnah-sunnah nabi yang diajarkan di TK Islam dan SD Islam Terpadu. Dari hasil kajian penelitian tersebut, didapatkan pola pembelajaran yang bagus dan efektif dan beberapa sunnah nabi yang berkaitan dengan etika-etika social yang baik dan bisa diterapkan oleh para pendidik, khususnya kedua orang tua yang ingin mendambakan putra-putrinya menjadi kebanggaan atau qurrota a’yun bagi keluarga semua, menjadi umat yang dicintai Rasulullah SAW. Salah satu ciri orang yang mencintai Nabi SAW. adalah gemar menghafal, menyebarkan dan mengamalkan sunnah-sunnahnya. Dengan bekal itu semua maka ia akan mendapatkan  kebahagiaan di dunia dan akhirat serta mendapatkan syafaat Rasul untuk bisa bersama-sama masuk surga.

References

Anitah Sri, W. dkk., Strategi Pembelajaran di SD, cet. 20, Tangerang Selatan: Universitas Terbuka, 2014

Fathurrahaman Muhammad dan Sulistiyorini, Meretas Pendidikan Berkualitas dalam Pendidikan Islam, Yogyakarta: Teras, 2012

Ihsan Hamdani dan Ihsan A.Fuad, Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2007

Ismail, SM., Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PIKEM, Semarang: RaSAIL, 2008

Madjid Khon, Abdul, Ulumul Hadis, Jakarta: Amzah, 2013

Nata, Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997

Solahudin, Agus, dan Suyadi Agus, Ulumul Hadis, Bandung: Pustaka Setia, 2009

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015

Untung, Moch.Slamet, Metode Pendidikan Ala Rasulullah, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2009

Yai, Said bin Imanul Huda, Mudah Menghafal 100 Hadits, Jakarta: Darussunnah, 2015

Ulwan, Abdullah Nasih, terj., Pendidikan Anak dalam Islam, Jakarta: Pustaka Amani, 2007

https://id.m.wikipedia bahasa Indonesia, diakses pada 10 Februari 2017 jam 13.50

Dr. Rusman, M.Pd., dalam http//Materi Pendekatan dan Model Pembelajaran.Pdf, diakses pada 10 Februari 2017 jam 14.00 WIB.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Nur Laily Fauziyah. (2024). POLA PEMBELAJARAN SUNNAH NABI DI TK ISLAM DAN SD ISLAM TERPADU. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 15–27. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v1i1.101

Issue

Section

Articles