MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB MELALUI ANALISA RHOTACISM FONETIS (CADEL)

Authors

  • Zamakhsyari Abdul Majid STIT Al Marhalah Al Ulya Bekasi
  • Encep Darisman Institut Agama Islam Banten Serang

DOI:

https://doi.org/10.38153/almarhalah.v6i1.9

Keywords:

Rhotacism Fonetis (Cadel), distorsi

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi fenomena Rhotacism Fonetis (Cadel) dalam meningkatkan kemampuan bahasa arab terhadap anak yang mengalami gangguan berbicara. Secara fenomenologis yang kaitanya dengan proses pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap beberapa factor salah satunya ialah kesulitan untuk mengucapkan beberapa huruf dengan baik akibat dari adanya kendala pada artikulatornya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-diskriptif dengan mencoba menelusuri berbagai karya dan tulisan yang berhubungan dengan fokus kajian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Karya-karya itu dibaca secara seksama lalu dianalis dan diinterpretasi secara kualitatif mengikut permasalahan kajian yang sudah ditentukan sebelumnya. Ada  beberapa  kelainan  yang  menghambat  kemampuan  artikulasinya, diantaranya  yaitu  distorsi  (distortion),  dimana  adanya  pengubahan  bunyi bahasa  kepada  bunyi  yang  tidak  bisa  digunakan,  atau  dapat  mengubah arti  dari  keseluruhan  kata  atau  malah  tidak  mengandung  arti,  hal  ini disebabkan bunyi-bunyi tersebut tidak dikenal dalam bahasa pertamanya, yaitu  bahasa  Indonesia,  seperti  bunyi ق (qof), ط، ( ta), ظ، (za) diubah menjadi  bunyi ض (dad); ث،ر،س، ز، ش، ك diubah  menjadi  bunyi ي,  dan juga bunyi ف (fa) yang diubah menjadi bunyi م (mim) atau  ن (nun). Serta semua bunyi vokal I (kasrah) akandiubah seperti bunyi vokal e^. Selain itu kelainan produksi suara yang disebut dengan nasality (produksi suara sengau),   yang   disebabkan   karena   adanya   penyempitan   atau   tak berkembangnya   lubang   hidung   sehingga   pengeluaran   udara   tidak semestinya. 

References

Adriana, Iswah. 2017. Kemampuan Artikulasi Bunyi Bahasa Arab pada Anak Tunarungu. (Studi Kasus di SLB Negeri Sampang). Pamekasan : Nuansa

Arsal AF. 1995. Analisis Pedigree Cadel. Laporan kuliah kerja lapang Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin, Makassar.

Batubara, Pangeran. 2015. Gangguan Berbahasa Penderita Rhotacism Pada Pembelajaran Bahasa Jerman : Tinjauan Psikolinguistik. Tesis. Medan : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Bronstein, Arthur J. & Jacoby, Beatrice F. 1967. Your Speech and Voice. New York : Random House.

Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik : Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dharmaperwira, Reni. 1985. Disatria-Apraksia Verbal dan TEDYVA. Jakarta : Indomedika

Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.

Garner, Bryan A. 2009. Garner’s Modern American Usage. New York : Oxford University Press

Gleason, H. Allan. 1955. An Introduction to Descriptive Linguistics. New York : Henry Holt and Company

Hartmann, R.R.K. & Stork, F.C. 1971. Dictionary of Language and Linguistics. New York : Wiley.

Indah, Rohmani Nur. 2017. Gangguan Berbahasa : Kajian Pengantar. Malang : UIN-MALIKI Press.

Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2007. Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks,

Kusumawardani, Nurul. 2014. Sebenarnya Apa Penyebab Cadel? [online]. Tersedia: http://nationalgeographic.co.id/berita/tag/frenulum+linguae [27 November 2014].

Kusumoputro, Sidiarto. 2009. Afasia Gangguan Berkomunikasi Pada Stroke Otak. Jakarta : Universitas Indonesia Press.

Langlais R.P. dan Miller, C.S. 2001. Atlas Berwarna Kelainan Rongga Mulut yang Lazim. Alih bahasa oleh Susetyo, B. Jakarta : Hipokrates.

Laskaris, George. 1986. Color Atlas of Oral Diseases. Greece : Litsas Medical Publications

Malmberg, Bertil. 1963. Phonetics. New York : Dover Publica-tions

Martinet, Andre. 1987. Ilmu Bahasa. Alih bahasa oleh Hidayat, Rahayu. Yogyakarta : Kanisius

Sidabutar T. 1994. Kesehatan: Menangani Anak Cadel. Nova No. 339/VII-21 Agustus 1994. Jakarta.

Sidarta P. 1986. Anatomi Susunan Saraf Pusat Manusia. Dian Rakyat. Jakarta.

Supendi, Deden Ahmad & Setiadi, David. 2015. Analisis Kasus dan Penyebab

Gangguan Berbahasa (Language Disorders). Sukabumi : Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Verhaar, J.W.M. 1984. Pengantar Linguistik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Verhaar, J.W.M. 2001. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press

Weiss, Curtis E. 1987. Clinical Management of Articulatory and Phonologic Disorders. Baltimore : Library of Congress Cataloging in Publication.

Published

2024-03-04

How to Cite

Abdul Majid, Z., & Darisman, E. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB MELALUI ANALISA RHOTACISM FONETIS (CADEL). Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 90–99. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v6i1.9

Issue

Section

Articles