MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB MELALUI ANALISA RHOTACISM FONETIS (CADEL)
DOI:
https://doi.org/10.38153/almarhalah.v6i1.9Keywords:
Rhotacism Fonetis (Cadel), distorsiAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengidentifikasi fenomena Rhotacism Fonetis (Cadel) dalam meningkatkan kemampuan bahasa arab terhadap anak yang mengalami gangguan berbicara. Secara fenomenologis yang kaitanya dengan proses pembelajaran akan sangat berpengaruh terhadap beberapa factor salah satunya ialah kesulitan untuk mengucapkan beberapa huruf dengan baik akibat dari adanya kendala pada artikulatornya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-diskriptif dengan mencoba menelusuri berbagai karya dan tulisan yang berhubungan dengan fokus kajian, baik secara langsung maupun tidak langsung. Karya-karya itu dibaca secara seksama lalu dianalis dan diinterpretasi secara kualitatif mengikut permasalahan kajian yang sudah ditentukan sebelumnya. Ada beberapa kelainan yang menghambat kemampuan artikulasinya, diantaranya yaitu distorsi (distortion), dimana adanya pengubahan bunyi bahasa kepada bunyi yang tidak bisa digunakan, atau dapat mengubah arti dari keseluruhan kata atau malah tidak mengandung arti, hal ini disebabkan bunyi-bunyi tersebut tidak dikenal dalam bahasa pertamanya, yaitu bahasa Indonesia, seperti bunyi ق (qof), ط، ( ta), ظ، (za) diubah menjadi bunyi ض (dad); ث،ر،س، ز، ش، ك diubah menjadi bunyi ي, dan juga bunyi ف (fa) yang diubah menjadi bunyi م (mim) atau ن (nun). Serta semua bunyi vokal I (kasrah) akandiubah seperti bunyi vokal e^. Selain itu kelainan produksi suara yang disebut dengan nasality (produksi suara sengau), yang disebabkan karena adanya penyempitan atau tak berkembangnya lubang hidung sehingga pengeluaran udara tidak semestinya.
References
Adriana, Iswah. 2017. Kemampuan Artikulasi Bunyi Bahasa Arab pada Anak Tunarungu. (Studi Kasus di SLB Negeri Sampang). Pamekasan : Nuansa
Arsal AF. 1995. Analisis Pedigree Cadel. Laporan kuliah kerja lapang Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Hasanuddin, Makassar.
Batubara, Pangeran. 2015. Gangguan Berbahasa Penderita Rhotacism Pada Pembelajaran Bahasa Jerman : Tinjauan Psikolinguistik. Tesis. Medan : Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.
Bronstein, Arthur J. & Jacoby, Beatrice F. 1967. Your Speech and Voice. New York : Random House.
Chaer, Abdul. 1994. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik : Kajian Teoretik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dharmaperwira, Reni. 1985. Disatria-Apraksia Verbal dan TEDYVA. Jakarta : Indomedika
Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.
Garner, Bryan A. 2009. Garner’s Modern American Usage. New York : Oxford University Press
Gleason, H. Allan. 1955. An Introduction to Descriptive Linguistics. New York : Henry Holt and Company
Hartmann, R.R.K. & Stork, F.C. 1971. Dictionary of Language and Linguistics. New York : Wiley.
Indah, Rohmani Nur. 2017. Gangguan Berbahasa : Kajian Pengantar. Malang : UIN-MALIKI Press.
Kesuma, Tri Mastoyo Jati. 2007. Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Carasvatibooks,
Kusumawardani, Nurul. 2014. Sebenarnya Apa Penyebab Cadel? [online]. Tersedia: http://nationalgeographic.co.id/berita/tag/frenulum+linguae [27 November 2014].
Kusumoputro, Sidiarto. 2009. Afasia Gangguan Berkomunikasi Pada Stroke Otak. Jakarta : Universitas Indonesia Press.
Langlais R.P. dan Miller, C.S. 2001. Atlas Berwarna Kelainan Rongga Mulut yang Lazim. Alih bahasa oleh Susetyo, B. Jakarta : Hipokrates.
Laskaris, George. 1986. Color Atlas of Oral Diseases. Greece : Litsas Medical Publications
Malmberg, Bertil. 1963. Phonetics. New York : Dover Publica-tions
Martinet, Andre. 1987. Ilmu Bahasa. Alih bahasa oleh Hidayat, Rahayu. Yogyakarta : Kanisius
Sidabutar T. 1994. Kesehatan: Menangani Anak Cadel. Nova No. 339/VII-21 Agustus 1994. Jakarta.
Sidarta P. 1986. Anatomi Susunan Saraf Pusat Manusia. Dian Rakyat. Jakarta.
Supendi, Deden Ahmad & Setiadi, David. 2015. Analisis Kasus dan Penyebab
Gangguan Berbahasa (Language Disorders). Sukabumi : Universitas Muhammadiyah Sukabumi.
Verhaar, J.W.M. 1984. Pengantar Linguistik. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Verhaar, J.W.M. 2001. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press
Weiss, Curtis E. 1987. Clinical Management of Articulatory and Phonologic Disorders. Baltimore : Library of Congress Cataloging in Publication.