HUBUNGAN MEDIA TERHADAP PERILAKU BULLIYING DI SMA SEDERAJAT KECAMATAN PARE KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.38153/almarhalah.v6i1.6Keywords:
Media, Bulliying, VerbalAbstract
Perkembangan teknologi informasi membawa sebuah perubahan dalam masyarakat, lahirnya media itu sendiri menjadikan pola prilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etika dan norma yang ada. Bahkan, internet kini menjadi kebutuhan yang dibutuhkan bagi mayoritas pada banyak kalangan, dengan semakin berkembangnya media sehinnga memiliki dampak salah satu dampaknya adalah banyak anak remaja yang melakukan bullying kepada orang lain dlambentuk verbal dan non verbal. Tujuanpenelitian ini untuk mengetahui seberapa berhubungannya kah media sehingga dapat emicu perilaku bulliying.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif analitik kolerasional.dan hasil penelitian ini ialah hubungan media sosial dengan perilaku bulliying. Apabila dilihat rxy yang diperoleh yaitu 0,665 ternyata terletak antara 0,40 – 0,70 berdasarkan pedoman yang terdapat pada tabel. Sehingga dapat dinyatakan bahwa antara korelasi variabel X dan variabel Y adalah korelasi yang tergolong sedang atau cukup.
References
AECT, No Title. 2016.
E. D. S. Watie, “Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media),” J. Messenger, vol. 3, no. 2, 2016, doi: 10.26623/themessenger.v3i2.270.
K. Kunaenih and N. Nadiah, “Hubungan MPLS Dalam Mengurangi Kasus Bullying di Sekolah Wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta,” Kordinat J. Komun. antar Perguru. Tinggi Agama Islam, vol. 19, no. 1, 2020, doi: 10.15408/kordinat.v19i1.17264.
Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.
K. Kartika, H. Darmayanti, and F. Kurniawati, “Bullying di Sekolah : Pengertian, Dampak, Pembagian, dan Cara Menanggulanginya,” Pedagog. J. Ilmu Pendidik., vol. 17, no. 1, pp. 55–66, 2019, [Online]. Available: https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980.