PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI

Authors

  • Syahrullah Universitas Islam Jakarta
  • Andi Aji Saputra Universitas Islam Jakarta
  • Kunaenih Universitas Islam Jakarta

Keywords:

Interaksi Sosial, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan menurunnya motivasi belajar peserta didik sebab oleh faktor minimnya berinteraksi sosial ditambah proses interaksi sosial antara pendidik terhadap peserta didik yang kurang interaktif dan komunikatif saat pembelajaran luring mengakibatkan menurunnya motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengukur pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI serta menganalisa strategi untuk meningkatkan motivasi belajar melalui interaksi sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional dengan menggunakan instrumen kuesioner yang di sebar pada 41 sampel dari total 469 populasi kelas XII di SMK Negeri 26 Jakarta. Adapun instrumen kuesioner berjumlah 20 butir pernyataan positif dan negatif pada variabel X dan Variabel Y.

Penelitian ini menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar peserta didik, dilihat dari uji koefisien product moment menghasilkan “Rˣʸ” atau “R˳” sebesar 0,660, dan koefisien determinasi dengan nilai 0,436, hasil tersebut lebih besar dari “r˕” pada taraf signifikan 5% sebesar 0,308 dan taraf signifikan 1% sebesar 0,398. Dengan demikian hipotesis alternatif (Hₐ) diterima atau disetujui sedangkan hipotesis nihil (H˳) tidak diterima atau tidak di setujui. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat korelasi yang kuat/tinggi dari pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dengan nilai 0,660 atau 66%.

References

Rieiskei Iswardhany dan Sri Rahayu. ”Peingaruh Inteiraksi Sosial Guru deingan Siswa Teirhadap Motivasi Beilajar di Jurusan Teihnik Gambar Bangunan SMK Neigeiri 1 Cilaku Cianjur”. Jurnal Pendidikan Tehnik Bangunan. Vol II No 2. Noveimbeir 2020: 78-88.

Asdhiana I Madei. Jangan Bangga Jadi Guru Killer, https://www.kompas.com. 2010. Diakseis 28 Deiseimbeir 2022 (23.20).

Sudirjo, Einceip. dan Alif, Muhammad Alif. (Eids). Komunikasi dan Interaksi Anak, Bandung: Salam Insan Mulia, 2021.

Suharsiwi. Pengembangan Interaksi Sosial, Sumateira Barat: Azka Pustaka, 2022

Nofrion. Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Keincana, 2016.

Abdullah, Rosyid Aminol. Capailah Prestasimu, Jakarta: Gueipeidia, 2019.

Heiriansyah, dkk. Psikologi Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Global Eikseieikutif Teiknologi, 2023

Muhtadin, Saeipul. https://bdkbandung.keimeinag.go.id/beirita/peineirapan-peindeikatan-peirsuasif-teirhadap-peiseirta-didik-untuk-meiningkatkan-keibeirhasilan-peimbeilajaran-on-linei. Diakseis 23 Januari 2023

Angeila, Feiby. dkk. Urgensi Komunikasi Dalam Ilmu Sosial, Beingkulu: CV Sinar Jaya Beirseiri,2023.

Dimyati. Fair Play Konsep & Aplikasi Dalam Pembelajaran Sepak Bola Usia Remaja, Yogyakarta: UNY Preiss, 2020.

Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.

Sinambeila, Deisy. dkk. Teori Belajar dan Aliran Aliran Pendidikan, Bantein: Sada Kurnia Pustaka, 2022.

Imeilda, Sarida. dkk. Menciptakan Transformasi Organisasi Melalui Kepemimpinan dan Organisasi belajar, Meidan: Yayasan Kita Meinulis, 2019.

Suweindra, I Wayan. Mengintip Sarang Iblis Moral, Bali: Nilacakra, 2018.

Uno B, Hamzah. Teori Motivasi Dan Pengukurannya, Jakarta: Bumi Aksara, 2016.

Heistiningrum, C Seiptiti. Panduan Dalam Motivasi Belajar, Seimarang: Cahya Ghani Reicoveiry, 2022.

Rasidi dan Moh. Salim (eids). Pola Asuh Anak Dalam Menigkatkan Motivasi Belajar, Lamongan: Acadeimia Publications, 2021.

Musriah. “Peningkatan Motivasi Belajar Organ Tubuh Manusia dan Hewan Melalui Metode Example Non Example”. Jurnal Guru Profeisional, 2018.

Nabil, N. (2020). Dinamika Guru Dalam Menghadapi Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 51-62.

Ricardo, Meiilani Intansari Rini. “Impact Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Peindidikan Manajeimein Peirkantoran, Vol. II No. 2, Juli 2017: 188-201.

Oktiani, Ifni. “Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan”, Vol. V No.2, Noveimbeir 2017: 216-232.

Nurainah, Rachmah Eilfa Imaniah. “Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Interaksi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI”. Jurnal Peindidikan Agama Islam, Vol.2 No.1, Feibruari-Juli 2019: 52-70.

Downloads

Published

2023-05-28

How to Cite

Syahrullah, S., Aji Saputra, A., & Kunaenih, K. (2023). PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PAI. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 82–99. Retrieved from https://journal.almarhalah.ac.id/index.php/almarhalah/article/view/114

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.