PERAN PENDIDIDKAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA DALAM PANDANGAN AL-QURAN

Authors

  • Fahmi Sahlan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Nabil STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi
  • Dariyanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.38153/almarhalah.v7i1.113

Keywords:

Peran Pendidikan, Kehidupan Manusia, Ayat-ayat Al-Quran

Abstract

Proses pertumbuhan kebudayaan dipicu dengan adanya pendidikan. Pendidikan sebagai kunci dari segala kemajuan kehidupan manusia sepanjang sejarah. Pada awalanya, pendidikan berkembang dari yang sederhana (primitive) dengan ciri survival, bertahan hidup dari ancaman alam sekitarnya. Dari sini manusia membuat keterampilan alat-alat untuk mencari dan memproduksi bahan-bahan kebutuhan hidup serta pemeliharaannya. Pendidikan di sini bukan hanya untuk pembinaan ketreampilan melainkan pengembangan kemampuan teoritis dan praktis berdasarkan konsep berpikir ilmiah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pendidikan bagi kehidupan manusia dalam pandangan Al-Quran dan implementasi terkait Media ayat-ayat Al-Quran dan tafsirnya peran pendidikan.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan merupakan persoalan penting bagi semua umat. Pendidikan selalu menjadi tumpuan harapan untuk mengembangkan individu dan masyarakat. Pendidikan juga berfungsi sebagai alat untuk memajukan peradaban, mengembangkan masyarakat dan membuat generasi mampu berbuat banyak bagi kepentingan mereka. Oleh karena itu peran pendidikan menurut pandangan Al-Quran sebagai alat transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi dan terlebih-lebih sebagai alat penginternalisasian nila-nilai luhur ajaran agama dan budaya bangsa yang sesuai dengan syariat agama.

References

Ali, K., Sejarah Islam Pasca Modern, Jakarta: Risalah Gusti, 1996.

Aqad, Mahmud al-Abbas, Al-Insan fi Al-Quran al-Karim, Kairo: Dar al-Islam, 1973.

Asy'ari, Musa, Manusia Pembentuk Kebudayaan Dalam Al-Quran, Jogjakarta: LSAF, 1992.

Attasa, Syaikh Mahmud al-Naquid Al-, Konsep Pendidikan Dalam Islam, Bandung: Mizan, 1987.

Baghdady, Ahmad bin al-Hambali al-, Jami al-Ulum wa al-Hikam, Lubnan: Dar al-Fikr, 1992.

Darajat, Zakiyah, dkk. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1992.

Denzin, Norman, K. dan K. Yvonna, Handbook Qualitative Research, London: Publication, 1994.

Ebenstein, William, The Great Political Thinkers: Plato to Pressent, New York: Holt Remhart and Wusron, 1960.

Ghazali, Al, Mukhtasar Ihya Ulum al-Din, Singapura: Dar al-Ulum, t.t.

Isfahani, Raghib Al-, Mufradat fi Gharb Al-Quran, Mesir: Al-Halaby, 1961.

Karabel, Jerome, and A.P. Halsey, Power and Ideology in Education, New York: Oxford University Press, 1977.

Ma'luf, Louis, Kamus al-Munjid fi Al-Lughah, Al-Adab wa al-Ulum, Beirut: Al-Mathba'ah al-Kathulikiyyah, 1960.

Razi, Fakhr al-Din Al, Al-Tafsir al-Kabir, Mesir: Al-Mathba'ah Al-Mishriyyah, 1938.

Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.

Jonathan Sarwono, Mixed Methods: Cara Menggabung Riset Kuantitatif dan Riset Kualitatif Secara Benar, (Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011)

Ketut Sepdyana Kartini & I Nyoman Tri Anindia Putra, Respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android,, Edisi 4, 2020

Mahfud Shalahuddin, Media Pendidikan Agama (Bandung : Bina Islam, 1986)

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2008)

Nabil, N. (2020). Dinamika Guru Dalam Menghadapi Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 51-62.

Oemar Hamalik, Media Pendidikan (Bandung : Citra Aditya, 1989), 12

Oky Dermawan, “Strategi Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus”, Psympatic, Edisi 2, 2013

Roudhatul Jennah, Media Pembelajaran (Banjamasin: Antasari Press, 2009)

Yuli Kwartolo, “Teknologi, Informasi dan Teknologi dalam proses pembelajara”, Jurnal Pendidikan Penabur, Edisi 1, 2021

Downloads

Published

2023-05-26

How to Cite

Sahlan, F., Nabil`, N., & Dariyanto, D. (2023). PERAN PENDIDIDKAN BAGI KEHIDUPAN MANUSIA DALAM PANDANGAN AL-QURAN . Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 75–81. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v7i1.113

Issue

Section

Articles