PENGARUH LINGKUNGAN MASYARAKAT DAN KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP ASSAHAQIAH BEKASI

Authors

  • Ahmad Hotib HS STIT Al Marhalah Al Ulya Bekasi
  • Fahmi Sahlan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Adi Rahman STIT Al Marhalah Al Ulya Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.38153/almarhalah.v6i1.7

Keywords:

Lingkungan Masyarakat, Kepribadian, Perilaku Keagamaan

Abstract

Lingkungan masyarakat mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan anak terutama dalam tingkah laku dan kepribadian peserta didik. Kepribadian merupakan suatu mekanisme yang mengendalikan dan mengarahkan sikap dan perilaku seseorang. Apabila kepribadian seseorang kuat, maka sikapnya tegas, tidak mudah terpengaruh oleh bujukan faktor-faktor yang datang dari luar. Sebaliknya apabila kepribadiannya lemah, maka seseorang akan mudah terombang-ambing oleh berbagai faktor dan pengaruh dari luar. Sikap keagamaan merupakan suatu keadaan yang ada dalam diri seseorang yang mendorong untuk bertingkah laku sesuai dengan kadar ketatannya terhadap agama. Kondisi yang ditemui di SMP Assahaqiyah Bekasi bahwa siswa masih memiliki kepribadian yang lemah, terbukti dari sikap mereka ketika kegiatan keagamaan berlangsung seperti sholat berjamaah, masih perlu teguran dari guru.

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakannya regresi linier sederhana, dan analisis regresi linier berganda, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMP Assahaqiyah Bekasi yang terdiri 3 kelas yang berjumlah 40 anak. Dan sampel yang digunakan 40 siswa.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan penelitian dapat simpulkan bahwa terdapat hubungan lingkungan masyarakat terhadap perilaku keagamaan yang ditunjukan oleh thit sebesar 3,854 dan p-value 0.000 <0.05 maka H0 ditolak. Dengan demikian lingkungan masyarakat berpengaruh positif terhadap perilaku keagamaan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hubungan kepribadian siswa terhadap perilaku keagamaan yang ditunjukan oleh thit sebesar 3.057 dan p-value 0.004 <0.05 maka H0 ditolak. Dengan demikian kepribadian siswa berpengaruh positif terhadap perilaku keagamaan.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa jika dilihat dari tabel B, nilai Ŷ= 13.243 + 0.398 X1 + 0.457 X2. Dilihat di kolom sig 0.000 dibandingkan dengan alpha 0.05 hasilnya lebih kecil maka H0 ditolak. Dengan demikian semakin baik lingkungan masyarakat dan kepribadian siswa secara bersama-sama mereka mempengaruhi perilaku keagamaan. Jadi, pengaruh lingkungan masyarakat dan kepribadian siswa secara bersamaan keduanya mempengaruhi perilaku keagamaan sebesar 56,5%.

References

Abdul Aziz Ahyadi, Psikologo Agama. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995.

Abin Syamsudin Makmun, Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

Abu Ahmadi, Ilmu Sosial Dasar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1991.

Abu Ahmadi dan Munawar Sholeh, Psikologi Perkembangan.Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005.

Abudin Nata, Sosiologi Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Remaja Grafindo Persada, 2014.

Adang Hambali, Psikologi Kepribadian. Bandung: Pustaka Setia, 2013.

Agus Sujanto, Psikologi Kepribadian. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Ahmad Rustam, Eva Dwi Kumala Sari dan Luki Yunita, Statistik & Pengukuran Pendidikan. Jakarta: PT Ilham Sejahtera Persada, 2018.

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996.

Ahmad Tafsir, Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Alex Sobur, Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Binti Maunah, Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras, 2009.

Dalyono, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rieneka Cipta, 2010.

Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.

Elly M. Setiadi, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Endah Sri Wahyuni, Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Kepribadian Remaja, diakses pada 16 Agustus 2020 dari http://etheses.uinmataram.ac.id

Fitriani Eka Setiawati, Pengaruh Kompetensi Kepribadian Dan Kompetensi Wali Kelas IV Terhadap Pembentukan Sikap Sosial Siswa Studi Kasus Di Yogyakarta 1, diakses pada 16 Agustus 2020 dari http://digilib.uin-suka.ac.id

Futiati Romlah, Psikologi Belajar Pendidikan Agama Islam. Ponorogo: Stain Ponorogo Press, 2006.

Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.

Hasbunallah, Dasar-dasar Ilmu pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Grafindo Persada, 2009.

Imro’Atul Latifah, “Implementasi Metode Pembiasaan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa” diakses pada 16 Agustus 2020 dari http://eprints.walisongo.ac.id

Irni Hadayana. Intensitas Orang Tua dan Bimbingan Guru Terhadap Perilaku Keagamaan Jurnal Edukasi Islam, (online), Volume 1, No.1 Tahun 2012. http;//jurnaledukasinusantara.web.id/download/edukasiislam/edukasiislam 010108.pdf, di akses 31 Oktober 2020.

Jalaludin, Psikologi Agama. Jakarta: PT . Raja Granfindo Persada, 2004.

Kartono Kartini, Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju, 1990.

Kepribadian Siswa,” diakses pada 16 Agustus 2020 dari http://etheses.iainponorogo.ac.id

Muhaimin, Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Nana Syaodah Sukmadinata, Landasan Psikologi. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005.

Netly Hartati dkk, Islam dan Psikologi. Jakarta: PT. Raja Granfindo Persada, 2004.

Netly Hartati dkk, Islam dan Psikologi. Jakarta: PT. Raja Granfindo Persada, 2005.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 1990.

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007.

Nur Azis, “Peran Lingkungan Dalam Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam,” diakses pada 16 Agustus 2020 dari http://repository.metrouniv.ac.id

Riska Kurniawati, “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Karakter Peserta Didik,” diakses pada 16 Agustus 2020 dari http://repository.radenintan.ac.id

Rita L Atkinson dkk, Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga, 1996.

Sabpri Ariyanto. 4 Maret 2020. Manusia, Masyarakat dan Lingkungan (online) (http://www.academi.edukasi.com/sabpri Ariyanto)

Sayid Sabiq, Islam Dipandang dari Segi Rohani Moral-Soial Jakarta: Rineka Cipta, 1994.

Slameto, belajar dan faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rineka Cipta,2015.

Sugiyanti. Hubungan Antara Kepedulian Keluarga Terhadap Perilaku Sosial Keagamaan Remaja http://eprints.perpus.iainsalatiga.ac.id/410/pdf diakses pada tanggal 14 November 2020.

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfa Beta, 2007.

Sujanto, Agus, dkk, Psikologi Kepribadian, Jakarta: PT. Bumi Askara, 2006.

Syamsul Kurniawan, Pendidikan Krakter, Yogyakarta: Ar-Ruzz media, 2014.

Syamsul Yusuf dan Juntika Nurihsan, Teori Kepribadian, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Wildan Pratama Siahaan, “Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa,” diakses 16 Agustus 2020 dari http://repository.uinsu.ac.id

Zakiah Daradjat, Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Bulan Bintang , 1976.

Zakiah Dradjat, Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1995.

Zubaida, Implementasi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, (online), Madaniyah, vol. 1 edisi 10 Tahun 2016. (http:// media/publications).

Published

2024-03-04

How to Cite

Hotib HS, A., Sahlan, F., & Rahman, A. (2024). PENGARUH LINGKUNGAN MASYARAKAT DAN KEPRIBADIAN SISWA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA SMP ASSAHAQIAH BEKASI. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 55–73. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v6i1.7

Issue

Section

Articles