Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam

User Profile

republik wisata

Bio Statement

Tujuan wisata air memang tidak pernah gagal membuat pengunjung betah dan berkunjung kembali. Pasalnya hawa semilir di sekitar, gemercik air mengalir, hingga ikan-ikan berenang di sekitar membuat perasaan lebih rileks.
Tentunya wisata air tidak hanya pantai, melainkan bisa juga danau, sungai, tambak, maupun waduk. Bahkan, kolam ikan besar dan aquarium raksasa bisa juga masuk dalam kategori wisata air.

Yogyakarta, selain terkenal akan keindahan pantai selatannya juga banyak menyimpan wisata air buatan lainnya. Seperti danau buatan alias waduk yang menyebar di beberapa titik kota. Fungsinya tidak lain adalah untuk proses irigasi, tambak ikan, dan sebagai alam terbuka di tengah hiruk piruk kota.

Nah, Penasaran danau buatan mana saja di Yogyakarta yang wajib dikunjungi? Berikut daftarnya!

1. Embong Tambak Boyo

Embong Tambak Boyo terletak di kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Luas genangannya mencapai 7,8 Ha, volume tampungnya sebesar 400.000 m3, dan kedalamannya mencapai tujuh meter.

Tujuan dibangunnya embong ini adalah untuk konservasi sumber daya air, menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta mendukung potensi wisata di area sekitar. Letaknya yang tak jauh dari AMIKOM dan UPN membuat tempat ini menjadi salah satu hidden gem bagi masyarakat sekitar loh!

Baca: Taman Safari Bogor: Wisata Flora dan Fauna Alam Bebas

2. Waduk Mini Kleco

Daerah Kulon Progo memang tidak pernah kehabisan akan panorama alamnya https://westchestergeneralhospital.com/. Salah satunya adalah Waduk Mini Kleco yang berada di Desa Ngesong, Girimulyo. Waduk ini ternyata masih satu bagian dari bentangan Perbukitan Menoreh.

Dari sini, pengunjung bisa dengan bebas menatap indahnya Kulon Progo. Nggak heran, walau waduknya kecil tapi panorama yang disuguhkan sungguh indah memanjakan mata.

3. Waduk Sermo

Masih di dalam satu kawasan yang sama, waduk Sermo wajib dikunjungi saat berada di daerah Kulon Progo. Fungsi utamanya adalah sebagai tempat penampungan dan irigasi lahan milik masyarakat setempat.

Hal menarik lainnya yang biasanya dilakukan para wisatawan adalah memancing serta menyewa perahu boat untuk keliling waduk. Panorama yang tak kalah indah pun turut menambah eloknya suasana.

4. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran ini diresmikan pada tahun 2013 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Lokasinya berada di kawasan Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul.

Seperti fungsi danau pada umumnya, danau ini menjadi tempat penyimpanan air pada saat musim kemarau. Daya tarik utamanya adalah merupakan tempat yang cocok untuk menikmati Sunset bersama teman, pasangan, maupun keluarga.

Baca: Bermain di Trans Studio Bandung

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi danau buatan untuk bersantai ria selama berwisata di Jogja! Danau nomor berapa yang ingin kamu kunjungi nih?