PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KORELASIONAL DI SMAN 83 JAKARTA)

Authors

  • Anas Sufyan Universitas Islam Jakarta
  • Nabil STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.38153/almarhalah.v8i1.69

Keywords:

Literacy Program, Character

Abstract

This research is motivated by the fact that literacy programs can be determined by the characteristics of the students they have. Literacy as understood by Indonesians was originally reading books which were considered boring and only a few enjoyed using them. Seeing lots of texts and thick books is not interesting for the current generation of reading, especially for students.

This research aims to find out how much influence the Literacy Program has in shaping the characteristics of students at SMAN 83 Jakarta. The method used in this research uses a quantitative correlation method. Using the Simple Random Sampling method, there were 68 students at SMA Negeri 83 Jakarta, and equipped with data collection techniques, observation, interviews, questionnaires, documentation. Meanwhile, the analysis uses the product moment correlation technique.

The research results show that if you look at the Product Moment coefficient test, it produces "rxy" or "ro" of 0.50, while "rt" in the table is significant at 5% = 0.235 and at a significance level of 1% = 0.306. Thus it can be seen that "ro" > "rt" is both significant at 5% and 1%. So based on these results the Alternative Hypothesis (Ha) is accepted or approved and the Null Hypothesis (Ho) is rejected or not approved. Based on this research, it can be concluded that there is an influence of the literacy program in shaping the characteristics of students at SMA Negeri 83 Jakarta.

References

Abdul Hakim, Jurnal Istiqra, Vol. 7, No. 2, 2020

Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, J., Sitinjak, L., Umbu Kadu, A., Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, D., & Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, M. (2016). FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IV AKPER HUSADA KARYA JAYA TAHUN AKADEMIK 2015/2016.

Amihardja, S., Kurnia, N., Muda, Z., & Monggilo, Z. (n.d.). Lentera Literasi Digital Indonesia: Panduan Literasi Digital Kaum Muda Indonesia Timur Penyunting.

Andi Kuswandi, A., Abidin, J., Masitoh, I., Hidayat, Y., Oktora, P., Karomah, I., & Safitri, E. (2022). PENGEMBANGAN LITERASI DASAR UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BACA ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA DI RA MIFTAHUL JANNAH BAGOLO PANGANDARAN BASIC LITERACY DEVELOPMENT TO GROW EARLY CHILDHOOD READING INTEREST THROUGH STORY METHOD AT RA MIFTAHUL JANNAH BAGOLO.

Anggraeni, H., Fauziyah, Y., & Fahyuni, E. F. (n.d.). PENGUATAN BLENDED LEARNING BERBASIS LITERASI DIGITAL DALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.

Buku Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies oleh Feri Sulianta.

Dewi Indah, Jurnal Bahasa, Seni dan Pengajaran, Vol. 6, No.1, April 2022, Penerapan Literasi Baca Tulis dan Numerasi di kelas bawah sekolah dasar

Dwi Hastuti, D., & Djalal Fuadi Magister Administrasi Pendidikan Sekolah Pascasarjana, dan TANGGUNG JAWAB SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMA.

Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.

Hadi Wuryanto, & Mochammad Abduh. (2022, December 5). Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Direktorat Guru Pendidikan Dasar.

Hendaryan, R., Hidayat, T., & Herliani, S. (n.d.). PELAKSANAAN LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA.

Herlambang, Y. T. (n.d.). PENDIDIKAN KEARIFAN ETNIK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER.

Herningsih, E., & Agama, S. T. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS DIGITAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK. Jurnal Edunity: Kajian Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 1(03).

Hidayati, H., Khotimah, T., & Hilyana, F. S. (2021). PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS, GEMAR MEMBACA, DAN TANGGUNG JAWAB PADA ANAK SEKOLAH DASAR. JURNAL PENDIDIKAN GLASSER, 5(2), 76.

Hikmah Hikmah, Abdul Qodir, & Nurul Wahdah. (2022). Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar: Apakah Efektif dalam Mengembangkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 340–358.

Ida Nurlena, Jurnal Tarbiyah Islamiyah, Vol. 5, No.2, Juli 2015, Sekolah Sebagai Organisasi Formal (Hubungan Antar Instruktur)

Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639.

Jatinangor, I., & Sumedang, K. (n.d.). ETI SUMIATI, WIJONARKO. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65–80.

Kartika Oktiana, P. (n.d.). LITERASI BACA TULIS DAN KAITANNYA DENGAN PENGEMBANGAN MATERI AJAR BAHASA INDONESIA.

Kartini, A., Asmaniah, Z., Julianti, E., Kunci, K., Literasi Finansial, P., Literasi Finansial, D., & Literasi Finansial, M. (n.d.). Pendidikan Literasi Finansial: Dampak Dan Manfaat (Sebuah Kajian Literatur Review). Jurnal Bahasa, 11.

Kuswanti, H., & Ulfah, M. (2021). Gerakan Literasi Finansial di SMA Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 1.

Mahmud, A. (n.d.). KONSEP MASYARAKAT MENURUT MURTADHA MUTHAHHARI (Sebuah Kajian Filsafat Sosial).

Nurhamida, I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1), 27–38.

Omeri, N., Negeri, S., & Makmur, A. (n.d.). PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN.

Pembelajaran 2. Karakter Peserta Didik. (n.d.).

Pendidikan, K., & Jakarta, K. (2017a). MATERI PENDUKUNG LITERASI BACA TULIS.

Pendidikan, K., & Jakarta, K. (2017b). MATERI PENDUKUNG LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN.

Pendidikan, K., & Jakarta, K. (2017c). MATERI PENDUKUNG LITERASI DIGITAL.

Penerbit, K., & Sarana, P. M. (2012). PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK.

Penilaian Pendidikan Badan Penelitian, P., Pendidikan, D., Pendidikan, K., & Kebudayaan, D. (n.d.). PENDIDIKAN DI INDONESIA.

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9.

Rahmadeni, F. (2022). Urgensi Pengenalan Konsep Literasi Numerasi pada Anak Usia Dini. In Academic Journal of Math (Vol. 04, Issue 01).

Ratnawati, D., Rahmat Setiadi, B., & Arifin Handoyono, N. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendidikan Karakter Holistik Siswa SMKN di Kota Malang. In Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta.

Riantoni, C., & Nurrahman, A. (2020). ANALISIS TINGKAT HUBUNGAN KARAKTER JUJUR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2).

Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 109–116.

Sekolah, W. W., Agama, T., Terpadu, K., & Salatiga, P. (n.d.). PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP PENDIDIKAN DI INDONESIA.

Silalahi Eka Aprilya Handayani Bangun Munthe Melvin M Simanjuntak Sri Wahyuni Ramlan Mahmud Jamaludin Nur Alfi Laela Dina Merris Maya Sari Arif Rahman Hakim Moh Safii, D. E. (n.d.). LITERASI DIGITAL BERBASIS PENDIDIKAN: TEORI, PRAKTEK DAN PENERAPANNYA PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.

Tejokusumo Bambang, Jurnal Geodukasi, Vol. 3, No. 1, Maret 2014, Dinamika Masyarakat Sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial

Teroritis, A. K. (n.d.). BAB II TINJAUAN PUSTAKA.

Tri dan Jordan, Jurnal Ekonomi Akutansi, Vol. 7, No. 1, April 2022, Pengaruh Literasi Finansial dan Kontrol Diri Pada Perilaku Finansial Santri Bahauddin

Wakidi, & Musnandar, A. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya dalam Menumbuhkembangkan Karakteristik Islami Peserta Didik. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(3), 303–311.

Werdiningsih, D. (2021). LITERASI SAINS DAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA. www.penerbitlitnus.co.id

Workshop Inovasi Pembelajaran di Sekolah Dasar SHEs: Conference Series 3 (4) (2020) 823-827. (n.d.).

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif.

Yuliati, Y. (n.d.). LITERASI SAINS DALAM PEMBELAJARAN IPA. In Jurnal Cakrawala Pendas (Vol. 3).

Zahroh, F., & Sholeh, M. (n.d.). EFEKTIVITAS LITERASI DIGITAL DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19.

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Anas Sufyan, & Nabil. (2024). PENGARUH PROGRAM LITERASI TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK (STUDI KORELASIONAL DI SMAN 83 JAKARTA). Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 101–119. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v8i1.69

Issue

Section

Articles