PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN TARI KREASI PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN

Authors

  • Isep Djuanda Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hamidiyah Depok
  • Nur Dwi Agustiani Sekolah Tinggi Agama Islam Al Hamidiyah Depok

Keywords:

Perkembangan, Motorik Kasar, Tari Kreasi

Abstract

Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Al-Amanah melalui kegiatan tari kreasi dan untuk mengetahui perkembangan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Al-Amanah dapat meningkat melalui kegiatan tari kreasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah peserta didik RA Al Amanah usia 5-6 tahun, dengan objek penelitian perkembangan kemampuan motorik kasar anak melalui kegiatan tari kreasi. Penelitian dilaksanakan dengan mekanisme pra siklus, siklus 1 dan siklus 2.  Proses penelitian pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan serta refleksi. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Kegiatan tari kreasi berhasil mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Al Amanah Depok, yang ditunjukan adanya peningkatan hasil rata-rata pada seluruh indikator, baik keseimbangan, kelincahan dan kelenturan, dengan hasil 53,43% pada pra siklus menjadi 68,86% pada siklus 1 dan pada siklus 2 sebesar 88%; 2) Kegiatan tari kreasi dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di RA Al Amanah Depok. Hal ini ditunjukan dengan hasil yang telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan.

References

Afri Sonya Delia, Indra Yeni, 2020. “Rancangan Tari Kreasi Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini”,Jurnal Vol.4, No.2, Agustus 2020.

Ahmad Rudiyanto, 2016. Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia Dini, Lampung: Darussalam Press.

Fildzah Imani, Masganti Sit, Ira Suryani, 2017. “Upaya Meningkatkan Ke-mampuan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Menari Animal Chicken Dance”, Jurnal Vol.5, No.2, Desember 2017.

Fitri Ayu Fatmawati, 2020. Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini, Gresik : Gramedia.

Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.

Hartono, 2020. Metode Pembelajaran Tari Anak Usia Dini, Jogyakarta: Lontar Mediatama.

Keni Andewi,2019. Mengenal Seni Tari, Semarang: Mutiara Aksara,

Khadijah dan Nurul Amelia, 2020. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini, Jakarta : Kencana.

Novi Mulyani, 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini, Jogyakarta : Penerbit Gava Media.

Richard Decaprio, 2017. Panduan Mengembangkan Kecerdasan Motorik Siswa, Yogyakarta : Diva Press.

St. Ulfa Maria, Junaedah, 2019. Buku Saku Guru pendidikan anak usia dini, Sulawesi : Aksara.

Suharsimi Arikunto dkk,2015. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Uswatun Hasanah, “Pengembangan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini”, Jurnal Vol.5, edisi 1, Juni 2016.

Published

2024-03-04

How to Cite

Djuanda, I., & Agustiani, N. D. (2024). PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI KEGIATAN TARI KREASI PADA ANAK USIA 5 - 6 TAHUN. Almarhalah, 6(1), 33–45. Retrieved from https://journal.almarhalah.ac.id/index.php/almarhalah/article/view/5

Issue

Section

Articles