Analisis Kajian Hadits Tentang Metodologi Pembelajaran Rasulullah SAW

Fahmi Sahlan

Abstract


Hadis sebagai suatu second hukum dari al-Quran. Di dalamnya terdapat aspek kehidupan Rasul yang menjadikan rujukan untuk pengikutnya, termasuk dari segi pendidikan. Pendidikan dan pembelajaran Rasul berbeda-beda dari segi metodologi sesuai konteks sosial yang terjadi. Beragam metodologi yang diberikan oleh Rasul, dari metode ceramah sampai peragaan. Dimana metode ini dalam artikel ini dijelaskan dari segi sosoi-historis secara gamblang. Banyak yang diterapkan dalam praktek pendidikan di masa kini yang bersumber dari metodologi pembelajaran Rasul.

Dalam proses belajar mengajar, Rasulullah Saw, senantiasa memilih metode-metode yang dinilai efektif dan efisien, mudah dipahami dan dicerna akal, serta mudah diingat sesuai dengan porsi dan kapasitas intelektual peserta didik. Fenomena tersebut dapat kita buktikan ketika mengeksplorasikan beberapa hadits, mulai dari mempelajari teks-teksnya sampai membacanya dengan cermat, tentu akan banyak ditemukan model perkataan (pengajaran) beliau yang sangat variatif.

Full Text:

PDF

References


Djamara, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 1997

____, Panduan Pengelolaan Panduan Informasi dan Konseling Remaja, Jakarta; Kantor KB Kota Administrasi Jakarta Timur, 2011

Qomar, Mujamil, Epistimologi Pendidikan Islam Dari Metode Rasional Hingga Metode Kritik, Jakarta: Erlangga

Yaqub, Ali Mustafa, Sejarah dan Metode Dakwah Nabi, Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008

Nurdiansyah, “Karakteristik Metode Pembelajaran Dalam Hadits Tentang Air Lautâ€, Skripsi S1 Program Studi Pendidikan Agama Islam, STIT Al Marhalah Al ‘Ulya, 2013

al-Bukhari, Muhammad bin Isma’il, Shahih Bukhari, Beirut: Dar al-Fikr, 1981

Hajjaj, Muslim bin, Shahih Muslim, vol. 1

Khon, Abdul Majid, Hadis Tarbawi: Hadis-Hadis Pendidikan

al-Bukhari, Muhammad bin Isma’il, Shahih Bukhari, vol. 3

al-Bukhari, Muhammad bin Isma’il, Shahih Bukhari, vol. 1

Hanbal, Ahmad bin, Musnad al-Imam Ahmad bin Hanbal, (Beirut: Dar Shodir), vol. 3

Ghuddah, Abdul Fattah Abu, al-Rasul al-Mu’allim wa Asalib fi al-Ta’lim, penerjemah Umar Husein Assegaf, Mendidik dan Mengajar Ala Rasulullah saw, Bantul: Layar Publishing, 2015

Alma, Buchari, dkk., GURU PROFESIONAL (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar), Bandung: Alfabeta, 2010

Hajjaj, Muslim bin, Shahih Muslim, vol. 8

al-Bukhari, Muhammad bin Isma’il, Shahih Bukhari, vol. 2

Ghuddah, Abdul Fattah Abu, al-Rasul al-Mu’allim wa Asalib fi al-Ta’lim, penerjemah Umar Husein Assegaf, Mendidik dan Mengajar Ala Rasulullah saw

al-Bukhari, Muhammad bin Isma’il, Shahih Bukhari, vol. 7.




DOI: https://doi.org/10.38153/alm.v4i2.39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam

View My Stats