Membangun Komunikasi Harmonis Berbasis Al-Qur’an

Mahfudzi Mahfudzi

Abstract


Manusia pada hakikatnya merupakan makhluk sosial yang selalu menggunakan komunikasi untuk melakukan interaksi. Setiap hari kita melakukan komunikasi dengan teman, keluarga, sahabat, guru, dan masyarakat lainnya. Sebelum membahas faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi sebaiknya kita mengetahui apa arti komunikasi. Komunikasi adalah penolong seseorang dalam upaya memenuhi kebutuhan interpersonal jika merasa sedih atau gelisah, maka membutuhkan sebuah percakapan dengan orang lain untuk memberikan sebuah kenyamanan, persahabatan dan bahkan kehangatan.

Dalam perspektif Islam, potensi berkomunikasi pada manusia merupakan pemberian Allah yang sudah otomatis ada sejak dia diciptakan. Allah berfirman : “Tuhan Yang Maha Pemurah, Yang telah mengajarkan Alquran, Dia menciptakan manusia, mengajarkan pandai berbicaraâ€. (QS. Al-RahmÄn : 1-4). Setelah unsur jasad dan ruh berpadu dalam dirinya di hari ke-120, Dalam sebuah hadis disebutkan : “Sesungguhnya kalian diciptakan di perut ibunya empat puluh hari fase ‘nutfah’, kemudian fase ‘alaqah’ juga 40 hari, kemudian fase ‘mudghah’ 40 hari, dan setelah itulah ruh diciptakan…†(HR.Bukhari, no.2969, dan Muslim no.4781). Manusia harus berkomunikasi secara sehat dan berkualitas dngan tujuan untuk menghindari rusaknya suasana karmonisasi  antar manusia bahkan terhadap Allah SWT


Full Text:

PDF

References


Jama>l Ma'mur Asma>ni, Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jogjakarta: Diva Press, 2011, cet. 1.

James W. Gentry, What is Experiential Learning? Guide to Business Gaming and Experiential Learning, 1990.

Kha>lid bin Ha>mid al-Ha>zimy, Us}u>l at-Tarbiyyah al-Isla>miyyah, Madinah: Da>r 'A>lam al-Kutub, 1420 H / 1998 M, cet.1.

Kha>lid Musyaddad, Problematika Pendidikan di Indonesia, Edu-Bio, vol. 4, 2013.

Khadi>jah Muhammad 'Abdulla>h al-Ji>za>ny, Al-A>ra> at-Tarbawiyyah li al-Ma>wardy min Khila>li Kita>bihi A>da>b ad-Dunya> wa ad-Di>n Dira>sah Tahli>liyyah Naqdiyyah, Makkah: Ummul Qura University, 1407 H/ 1985 M.

Khadi>jah Muhammad 'Abdulla>h al-Ji>za>ny, Al-A>ra> at-Tarbawiyyah li al- Ma>wardy min Khila>li Kita>bihi A>da>b ad-Dunya> wa ad-Di>n, Makkah: Universitas Ummul Qura Fakultas Pasca Sarjana Pendidikan, 1424 H.

Khalid bin Zein bin 'Abdulla>h ba> Jama>l, Al-Fikru at-Tarbawy 'Inda al-Hasan al-Bas}ry, Makkah: Ummul Qura University, 1422 H/ 2000 M.

Khalifah Husein al-Assa>l, At-Tarbiyah al-Khuluqiyyah al-Qur'a>n al-Kari>m, Qatar University, Jurnal Hauliyah Kulliyyah asy-Syari'ah wa ad-Dirasa>t al-Isla>miyyah, vol. 10, 1413 H/1992 M.

Lanny Octavia, et. al., Kumpulan Bahan Ajar Pendidikan Karakter Berbasis Tradisi Pesantren, Jakarta: Rumah Kitab, 2014, cet. 1.

Mahmud 'Abdul Lathi>f, Al-Fikru at-Tarbawy 'Inda Ibnu Si>na>', Damaskus: Mansyu>roh al-Hai'ah al-'A>mmah as-Su>riyyah li al-Kita>b, 2009.

Mahmud Khali>l, Manhaj ar-Rasu>l fi at-Taqwimi as-Sulu>k wa Kaifiyyah al- Istifadah Minhu> fi> at-Ta’limin al-Mua>s}ir, Gaza Islamic University Fakultas Tarbiyyah, 2006.

Majmu’ah Minal Mutakhas}is}i>n (Team Spesialis), Mausu’>atu Nadhratu an-Na’i>m fi>> Maka>rimi Akhla>q ar-Rasu>l al-Kari>m, Jeddah: Da>r al-Wasi>lah, cet. 4.

Mana>l Musa Ali Daba>bisy, Manhaj ar-Rasu>l fi> at-Tarbiyah min Khila>li as-Si>rah an-Nabawiyyah, Gaza Islamic University Fakultas Tarbiyah, 1429 H/ 2008 M.

Margono, Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2003, cet. 2.

Maskur H. Mansyur, Pendidikan ala Paulo Freire - Sebuah Renungan, Jurnal Ilmiah Solusi, vol. 1, no. 1, Januari - Maret 2014.

Masnur Muchlih, Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2011, cet. 2.

Muchlas Samani dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosydakarya, 2012, cet. 2.

Muhammad Ama>n bin 'Ali al-Ja>my, Tari>qat al-Isla>m fi> at-Tarbiyyah, Kairo: Da>r al-Manhaj, 1424 H/ 2000 M, cet. 1.

Muhammad Ami>n al-Mis}ry, Lamaha>t fi> Wasa’i>l at-Tarbiyah al-Isla>miyyah wa Gha>yatuha, Damaskus: Da>r al-Fikr, t. th.

Muhammad bin Ibra>hi>m al-Hamd, Ma'a>l Mu'allimi>n, Riya>dh: Da>r Ibnu Huzaimah, 1418 H, cet. 1.

Muhammad bin S{a>lih al-'Utsaimi>n, Kita>b al-'Ilmi, Riya>dh: 1417 H / 1996 M, cet. 1.

Muhammad Ha>mid an-Na>s}ir dan Khaulah 'Abdul Qa>dir Darwisy, Tarbiyah al-Athfa>l fi> Riha>b al-Isla>m fi al-Bayti wa al-Raudhah, Makkah al-Mukarramah: Mu'assasah Sulaima>n bin 'Abdul 'Azi>z al-Rajhihy al-Khairiyyah, 1414 H.

Muhammad Muni>r Mursi, At-Tarbiyyah al-Isla>miyyah Us}u>luha wa Ta>tawwuruia fi> al-Bila>d al-'Arabiyyah, Qatar: Da>r al-Ma'a>rif, 1986, cet. 2.

Al-Qur’anul Kariem

Aqat, Abbas Mahmud. Manusia di Ungkap Al–Qur’an. Jakarta: Pustaka Firdaus,1993

Al Farmawi, Abd Al- Hay. Al-Bidayah Fi Tafsir Al-Maudu’i….,

Andretti, Abdillah, Leon. 2014. Sosial Media as Political Party Campaign in Indonesia. Jurnal Ilmiah MATRIK Vol.16 No.1, April 2014.

Abdussaam, Abdul Aiz. Al- fawaid fi al ikhtishar al-Maqashid. Dimasyq: Dar al-fikr.

Abdul Karim Zaedan. Ushul al-Da‘wah Maktabah Syamilah, t.t., jilid 1

Abdurrahman Ibnu Kholdun, Muqaddimah. Bairut: Dar al- Kutub al Ilmiyyah,1413-1993.

Abraham H. Maslow, Motivation and Personality, di terbitkan oleh herper and Row Publication, USA. Dialih bahasakan oleh Nurul Imam dan di terbitkan dalam bahasa Indonesia atas kerja sama antara lembaga Pendidikan dan Pembinaan manajemen (LPPM) dengan PT Pustaka Binaan Presindo.

Abu Abdillah Muhammad bin Umar bin Husain bin al Taimi al Razi, Mafatih al Ghaib, Tafsir al Kabir, Beirut : Dar Ihya al Turats al ‘Arabi,1420 H, juz 18.

Abu al Fida’ Ismail bin Katsir al Qurasyi al Dimasyqi,Tafsir al-Qur’an al Adzim, Al Madinah-al Munawwarah: Maaktabah al –‘Ulum wa al-Hikam,1413-1993, juz.2.

Abu Muhammad ibn Muhammad al- Ghazali,Ihya ‘Ulum al –Diin, jiz,I, Beirut : Daar al- Fikr,tth.

Abul Hasan Al-Khazin,Lubab al- Ta’wil fi ma’ani al Tanzil, Beirut: Dar al-Shadir,t,th, juz4.

Agus Sunaryo. “Fikih Tasamuh: Membangun Kembali Wajah Islam yang Toleran, Agustus 2018

Abu Abdullah Muhammad bin Ahmad al-Anshari al Qurtubi al Jami’ li – Ahkam Al- Qur’an, (Beirut: Dar Shadir, 1412-1992, juz 1.

Ahmad Anas, Paradigma Dakwah; Aplikasi Teoritis dan Praktis Dakwah Sebagai Solusi Problematika Kekinian, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2006.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2001.




DOI: https://doi.org/10.38153/alm.v4i1.36

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam

View My Stats