IMPLEMENTASI METODE IQRA' BIL QALAM TERHADAP MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR'AN SISWA SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA
DOI:
https://doi.org/10.38153/m6wjy482Keywords:
Iqra Bil Qalam Method, Qur’anic Literacy, Reading and Writing Skills, Islamic Secondary Students, Qur’anic LearningAbstract
This study investigates the implementation of the Iqra Bil Qalam method in enhancing Qur’anic reading and writing skills among students at SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. The research was motivated by the fact that several students still struggled with reading hijaiyah letters fluently and writing Arabic script accurately, which hindered their overall Qur’anic literacy. Using a descriptive qualitative approach, the study involved seventh-grade students as participants, and data were gathered through classroom observations, teacher interviews, and Qur’anic reading and writing ability tests (BTQ). The findings demonstrate that applying the Iqra Bil Qalam method through systematic stages—such as letter recognition, guided writing practice with the follow the line technique, and regular practice of reading short verses with correct articulation and tajwid led to significant improvements in students’ accuracy, fluency, and confidence in Qur’anic literacy. Furthermore, the availability of adequate instructional media, intensive teacher guidance, and strong student motivation were identified as key supporting factors in the success of this method. The study concludes that the Iqra Bil Qalam method provides an effective and practical strategy to strengthen students’ Qur’anic literacy and recommends its sustainable implementation in Islamic secondary schools.
Penelitian ini mengkaji implementasi metode Iqra Bil Qalam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada siswa SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. Latar belakang penelitian ini adalah adanya sebagian siswa yang masih mengalami kesulitan dalam melafalkan huruf hijaiyah secara fasih dan menulis huruf Arab dengan benar, sehingga berpengaruh terhadap tingkat literasi Al-Qur’an mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas VII, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi kelas, wawancara guru, dan tes kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTQ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Iqra Bil Qalam melalui tahapan pengenalan huruf, latihan menulis dengan teknik follow the line, serta pembiasaan membaca ayat-ayat pendek sesuai makhraj dan tajwid, terbukti mampu meningkatkan ketepatan, kelancaran, dan rasa percaya diri siswa dalam literasi Al-Qur’an. Selain itu, tersedianya media pembelajaran yang memadai, pendampingan guru secara intensif, serta motivasi belajar siswa yang tinggi menjadi faktor pendukung utama keberhasilan metode ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Iqra Bil Qalam merupakan strategi yang efektif dan aplikatif untuk memperkuat kemampuan literasi Al-Qur’an siswa, serta direkomendasikan untuk diterapkan secara berkesinambungan di sekolah menengah Islam.
References
Abidin, J., Wahyuni, A. T., Hanapiah, E., & Nuraeni, E. (2023). Implementasi Program Baca Tulis Qur’an Melalui Metode Iqra dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Qur’an Peserta Didik di RA Alhamidiyah. Edu Happiness: Jurnal Ilmiah Perkembangan Anak Usia Dini, 2(1), 63–75. https://doi.org/10.62515/eduhappiness.v2i1.163
Effendi, S. (2022). Ensiklopedi Metode Baca Al-Qur’an di Indonesia.
Fitriyah, F., & Sari, N. I. (2024). Pembinaan Membaca Al-Qur’an Dengan Metode Iqra’ Bil Qalam Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an Pada Peserta Didik Madrasah Tsnawiyah Nu 14 Sidorejo. PEDULI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 8–19. https://doi.org/10.51226/pdl.v3i2.647
Hafifah, H., & Afifah, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Metode Iqro’ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Santriwati I’dadi di Lembaga TMI Al-Amien Prenduan Tahun 2021/2022. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 353–359.
Hamady, H., & Nabil. (2024). Genealogi Intelektual Syekh Muhajirin Amsar Addary Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Bekasi. Almarhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 120–134. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v8i1.84
Hasanah, U., Setia, S. D., Fatonah, I., & Deiniatur, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Al Qur’an Melalui Pengenalan Makhorijul Huruf Pada Anak Menggunakan Metode Sorogan. Al-Din: Jurnal Dakwah Dan Sosial Keagamaan, 6(2). https://doi.org/10.35673/ajdsk.v6i2.1133
Mahdhiyah, N. (2019). Penerapan metode bil qolam dalam pembelajaran Ta’lim al-Quran kelas I’dad di Ma’had Sunan Ampel Al-‘Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Miskiyah, A. Z., Hikmah, W. A., Nursa’idah, Aguilera, J. A. K., Listiyaningrum, A. T. N., & Andiarna, F. (2023). Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan jamban sehat di desa kaliboto kidul kecamatan jatiroto kabupaten lumajang dengan metode community-based research (cbr). Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti, 4(1), 86–99. https://doi.org/10.38048/jailcb.v4i1.1365
Nabil, N. (2020). Dinamika Guru Dalam Menghadapi Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Almarhalah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 51–62.
Nasution, A. R. S. (2021). Identifikasi Permasalahan Penelitian. ALACRITY: Journal of Education, 13–19. https://doi.org/10.52121/alacrity.v1i2.21
Ningsih, D. F. (2024). Pengaruh Metode Bil Qolam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SMP Khadijah Surabaya. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1356–1368.
Rahmawati, F. D. (2023). Implementasi Metode Bil Qalam Dalam Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’An. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(2), 259–266.
Ridwan, M. (2018). Konsep Tarbiyah, Ta’lim Dan Ta’dib Dalam Al-Qur’an. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 26–44. https://doi.org/10.31538/nazhruna.v1i1.97
Rohmah, S., Anwar, E. S., Luthfi, H., & Alif, M. (2025). Kuriositas dalam Al-Qur’an: Studi Qur’an Tematik dengan Pendekatan Grounded Theory. Al-Muhith: Jurnal Ilmu Qur’an Dan Hadits, 4(2), 339. https://doi.org/10.35931/am.v4i2.5403
Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2012). Self-regulation and learning. In Handbook of Psychology, Second Edition (Vol. 7). https://books.google.com/.
Syarifah, S. (2023). Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an pada Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 8354–8360.
Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara kebiasaan membaca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/10096
Thayyibi, M. I., & Ratnasari, D. (2022). Cognitive learning theory in the perspective of Islamic education. Sunan Kalijaga International Journal on Islamic Educational Research, 6(1), 51–67.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diva Nafiah, Rahayu Setianingbudi, Luthfi Imam Fauzi, Roviin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






