Dinamika Guru Dalam Menghadapi Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi

Nabil Nabil

Abstract


Teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia, kemajuannya yang begitu pesat telah merambah ke dunia pendidikan. Kondisi ini dapat dilihat dari banyaknya lembaga-lemabaga pendidikan yang terus tumbuh dan berkembang yang menerapkan media pembelajaran berbasis teknologi.

Media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). Sebagai penyaji dan penyalur pesan, media belajar dalam hal-hal tertentu bisa mewakili guru menyajikan informasi belajar kepada siswa. Jika program media itu didesain dan dikembangkan secara baik, maka fungsi itu akan dapat diperankan oleh media meskipun tanpa keberadaan guru.

Peranan media yang semakin meningkat sering menimbulkan kekhawatiran pada guru. Namun sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi, masih banyak tugas guru yang lain seperti: memberikan perhatian dan bimbingan secara individual kepada siswa yang selama ini kurang mendapat perhatian. Kondisi ini akan terus terjadi selama guru menganggap dirinya merupakan sumber belajar satu-satunya bagi siswa. Jika guru memanfaatkan berbagai media pembelajaran secara baik, guru dapat berbagi peran dengan media. Peran guru akan lebih mengarah sebagai manajer pembelajaran dan bertanggung jawab menciptakan kondisi sedemikian rupa agar siswa dapat belajar. Untuk itu guru lebih berfungsi sebagai penasehat, pembimbing, motivator dan fasilitator dalam kegiatan belajar mengajar.

Full Text:

PDF

References


Depag RI, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan, Jakarta: 2006.

Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2001.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2005.

Effendy, Onong Uchyana, Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, Bandung: Rosdakarya, 1984.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Reseach II , Yogya :Yayasan Pendidikan Fakultas Psikologi UGM, 1981

http://ventidanokarsa.blogspot.com/2009/05/peranan-teknologi-informasi dalam.html http://ventidanokarsa.blogspot.com/2009/05/peranan-teknologi-informasi-dalam.html Diakses pada tanggal 29 Januari 2011.

Moeloeng, Lexy J., Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 1997. Cet. ke-8.

Munadi, Yudhi, Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru, Jakarta: Gaung Persada Press, 2008.

Nata, Abudin, Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada, 2003.

Nata, Abudin, Perspektif Islam Tentang Pola Hubungan Guru-Murid Study Pemikiran Tasawuf al-Ghazali, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2001.

Rakhmat, Jalaludin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Rosdakarya, 1985.

Rasyad, Aminuddin, Teori Belajar dan Pembelajaan, Jakarta : Uhamka Press & Yayasan Pep –Ex 8, 2006. Cet. Ke-6.

Surya, Muhammad, Makalah dalam Seminar â€Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan Jarak Jauh dalam Rangka Peningkatan Mutu Pembelajaranâ€, diselenggarakan oleh Pustekkom Depdiknas, tanggal 12 Desember 2006 di Jakarta.

Syafrudin dan Basyirudin Usman, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum, Jakarta: Ciputat Pres, 2002.

Syukur, Fatah, Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail, 2008.

Tasmara, Toto, Komunikasi Dakwah, Jakarta: Media Pratama, 2005.

Uno, Hamzah B., Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Warsita, Bambang, Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.




DOI: https://doi.org/10.38153/almarhalah.v4i1.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam

View My Stats