Reaksi Agama dan Budaya Dalam Dimensi Perencanaan Kepemimpinan di Dunia Pendidikan

Sadari Sadari

Abstract


Agama yang bersumber dari Allah Swt, kemudian agama bereaksi menjadi kecerdasan spiritual dalam kehidupan masyarakat, kemudian dihidupkan dalam bentuk ritual ibadah. Selanjutnya ritual ibadah dalam beragama dipahami manusia sebagai salah satu aspek budaya. Dari situlah dimensi kepemimpinan akan terencana melalui pemahaman agama, terlebih bila dikaitkan dengan dunia pendidikan.  Perbedaan agama dan budaya terlihat dari sebuah proses yang berbeda, agama dipahami dari proses vertikal, sedangkan budaya dipahami dari proses horizontal. Agama bersifat spiritual sedangkan budaya bersifat akal, sehingga menurut sistem sosial budaya manusia disebut al-Insan yang memiliki akal pikiran, mampu mengembangkan budaya yang berdampak luas terhadap kehidupan dan lingkungan di permukaan bumi. Kemampuan akal pikiran dapat dinyatakan juga sebagai kemampuan budaya, memiliki makna yang tinggi bagi manusia sebagai makhluk hidup. Aspek-aspek atau komponen-komponen materi seperti ruang, alam semesta, bangunan, pakaian, peralatan dan non-materi semisal pengetahuan, kepercayaan, nilai, sikap, makna, hirarki, agama, peranan, merupakan suatu sistem yang disebut sistem budaya.

Sistem budaya merupakan rangkaian hubungan komponen-komponen budaya sebagai ungkapan prilaku, perbuatan, dan tindakan manusia sebagai makhluk budaya. Namun demikian, dalam mekanisme budaya tersebut, tidak terpisahkan dari hubungan antara manusia sebagai makhluk sosial yang menghubungkan antar individu, antara individu dengan kelompok, dan antara kelompok dengan kelompok manusia lainnya. Di sini terbentuk suatu tatanan yang dikonsepkan sebagai sistem sosial. Sistem ini terbentuk, sebagai akibat hubungan sosial antar komponen-komponen.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, cet. ke-1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Armstrong, Karen, Kuasa dan Moral, Jakarta: Gramedia, 2001

Armstrong, Karen, Menalar Tuhan, Yogjakarta: Kanisius, 2006

Armstrong, Karen, Sejarah Tuhan, Bandung: Mizan, 1993.

Asmani, Jamal Ma’mur, Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional, cet.ke-1, Ttp: Diva Press, 2009.

Elster, Jon, Marxisme: Analisis Kritis, terj. Sudarmaji, Jakarta: PT Prestasi Pustaka, 2000.

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung: Rosda Karya, 2008.

Faz, Ahmad Thoha, Titik Ba: Paradigma Revolusioner dalam Kehidupan dan Pembelajaran, cet. Ke-1, Bandung: PT Mizan Pustaka, 2007.

Hamilton, Malcolm B, The Sociology of Religion, London: Routledge, 1995.

Hatta, Mohammad, Ajaran Marx atau Kepintaran Sang Murid Membeo, cet. ke-1, Jakarta: Bulan Bintang, 1975.

Imam Muhni, Djuretna A, Moral dan Religi Menurut Emile Durkheim & Henry Bergson, Yogyakarta: Kanisius, 1994.

Jurdi, Syarifuddin, Sosiologi Islam & Masyarakat Modern: Teori, Fakta dan Aksi Sosial, cet. ke-2, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014.

Kleden, Ignas, “Agama dan Perubahan Sosialâ€, dalam LP3ES, Agama dan Tantangan Zaman, pilihan artikel Prisma 1975-1984, cet.ke-1, Jakarta: LP3ES, 1985.

Magnis-Suseno, Franz, Pemikiran Karl Marx dari Sosialisme Utopis ke Perselisihan Revisionisme, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000.

Pidarto, Made, Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Porter, Richard E. & Lary A. Samoar dalam Deddy Mulyana, Jalaluddin Rakhmat, editor, Komunikasi Antar Budaya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000.

Purwanto, Ngalim, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, cet. ke-2, Bandung: PT. Remaja, 2010.

Sadari, et.al, "Reorientasi Nila-Nilai Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam Muhammadiyah di Indonesia, dalam Fuaduna: Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan, published by Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukitinggi,Vol.03.No.1, 2019.

Sugiharto, I. Bambang, Wajah Baru Etika dan Agama, Yogjakarta: Kanisius, 2000.

Syahin, Abdus Shabur, Penciptaan Nabi Adam Mitos atau Realitas, terj. Abii Adam, Qishshah al-Khaliiqah, cet. ke-1, Yogyakarta: eLSAQ PRESS, 2004.

Syaodih S, Nana, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Syari'ati, Ali, Kritik Islam atas Marxisme dan Sesat Pikir Barat Lainnya, terj. Marxism and Other Western Fallacies, cet. ke-1, Bandung: Mizan, 1983.




DOI: https://doi.org/10.38153/alm.v4i1.23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam

View My Stats