TEMPLATE |
|
![]() |
METODE KREATIF PEMBELAJARAN DARING
Abstract
The research inthis article describes the concept of online learning, its background, online learning as a model of today's learning, the importance of understanding learning technology in carrying out learning activities, especially online, the importance of fostering student creativity for the success of online learning activities, positive things obtained by applying online learning patterns, problems in learning online and patterns of addressing these issues.
The research in this article was carried out using the literature study method, exploring data sources from various literature both from journals, books and articles from various sites that raised themes relevant to this article.
From the research conducted, it is known that Islam is a religion that always encourages humans to make positive innovations for life by utilizing the natural world that Allah has made to support and facilitate their life activities, including in the field of education.
The development of the times with various living phenomena and their very dynamic problems has triggered major changes in all lines of life, including in the world of education. As a religion that encourages positive dynamism, Islam instructs its adherents to learn and broaden their literacy insights about learning technology.
It is hoped that the establishment of good literacy insights about learning technology can be a good means in implementing the current new era learning model, namely with an online learning system.
Keywords: learning, online, technology, education.
ABSTRAK
Penelitian dalam artikel ini mendeskripsikan tentang konsep pembelajaran daring, latar belakangnya, pembelajaran daring sebagai sebuah model pembelajaran masa kini, pentingnya memahami teknologi pembelajaran dalam melakukan kegiatan pembelajaran khususnya secara daring, pentingnya menumbuhkan kreativitas peserta didik untuk kesuksesan kegiatan pembelajaran secara daring, hal-hal positif yang didapatkan dengan penerapan pola pembelajaran daring, masalah-masalah dalam pembelajaran daring dan pola penanganan masalah-masalah tersebut.
Penelitian dalam artikel ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kepustakaan, menggali sumber-sumber data dari berbagai literatur baik dari jurnal, buku dan artikel-artikel dari berbagai situs yang mengangkat tema yang relevan dengan artikel ini.
Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa agama Islam adalah agama yang senantiasa mendorong manusia untuk melakukan inovasi-inovasi positif bagi kehidupan dengan memanfaatkan alam raya yang telah Allah jadikan untuk menunjang dan memudahkan aktivitas hidup mereka termasuk dalam bidang pendidikan.
Perkembangan zaman dengan berbagai fenomena hidup dan permasalahannya yang sangat dinamis telah memicu terjadinya perubahan yang besar dalam segala lini kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Sebagai agama yang mendorong adanya dinamisasi yang positif, Islam memerintahkan pemeluknya untuk mempelajari dan mempeluas wawasan literasi mereka tentang teknologi pembelajaran.
Diharapkan dengan terbangunnya wawasan literasi yang baik tentang teknologi pembelajaran dapat menjadi sarana yang baik dalam pelaksanaan model pembelajaran era baru saat ini, yaitu dengan sistim pembelajaran daring.
Keyword: pembelajaran, daring, teknologi, pendidikan
Full Text:
PDFReferences
Abdhul, Y. (2021, November 25). Studi Pustaka: Pengertian, Tujuan dan Metode. Diambil kembali dari deepublishstore: https://deepublishstore.com/studi-pustaka/
Afghani, D. R., & Sutama. (2020). Kreativitas Pembelajaran Daring untuk Pelajar Sekolah Menengah dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education (JOIVE), 70-75.
Afghani, D. R., & Sutama. (2020). Kreativitas Pembelajaran Daring Untuk Pelajar Sekolah Menengah Dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education (JOIVE), 70-75.
Atina. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Jarak Jauh ( Pjj) Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Sdn 50 Mandau. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1324-1333.
Fadhillah, H. (2022, Agustus 22). Belajar Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif di Era Digital. Diambil kembali dari Sekolah Sukma Bangsa PIDIE: https://pidie.sukmabangsa.sch.id/belajar-menjadi-guru-kreatif-dan-inovatif-di-era-digital/
Handayani, S., Mintarti, S. U., & Megasari, R. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Malang: Edulitera.
Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Institut Agama Islam Negeri Palopo, 136-151.
Humas-UNY. (2019, Agustus 30). Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil kembali dari Inovasi Model Pembelajaran Digital: https://www.uny.ac.id/index.php/id/berita/inovasi-model-pembelajaran-digital
Indrawati. (2016). Pelatihan Metode Pembelajaran Widyaiswara Penyesuaian/Inpassing. Jakarta: LAN RI.
Izzah, A., & Mariyanti, O. (2019). Pentingnya teknologi Dalam Pembelajaran. Diambil kembali dari www.academia.edu: https://www.academia.edu/40485470/MAKALAH_TEKNOLOGI_PEMBELAJARAN_Pentingnya_teknologi_Dalam_Pembelajaran_
KBBI. (2023, Januari 23). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diambil kembali dari kbbi.web.id: https://kbbi.web.id/metode
Koesnandar, A. (2021, Februari 25). Pembelajaran Kolaboratif di Era dan Pasca Pandemi, Mengapa Tidak? Diambil kembali dari Pena Rumah Belajar Kemendikbud: http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2021/02/pembelajaran-kolaboratif-di-era-dan-pasca-pandemi-mengapa-tidak/
Mendikbud. (2020, Maret 24). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Mendikbud. (2020, Maret 18). Penundaan Kegiatan Lomba-Lomba Tahun 2020. Diambil kembali dari PUSAT INFORMASI COVID-19 KOTA MOJOKERTO: https://covid19.mojokertokota.go.id/storage/assets/file/se/1355528555.pdf
Nurdi, M. S. (2020, November 20). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Diambil kembali dari HMPS MPI UIN MALANG: https://www.hmjmpiuinmaliki.or.id/2020/11/pentingnya-literasi-teknologi-informasi.html
Samosir, C. M., & Boiliu, F. M. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid 19. JURNAL BASICEDU, 2592 - 2600.
Sereliciouz. (2022, April 18). Metode Pembelajaran Daring. Diambil kembali dari Quipper Blog: https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/metode-pembelajaran-daring/#:~:text=Metode%20pembelajaran%20daring%20(dalam%20jaringan,di%20era%20pandemi%20seperti%20sekarang.
Sereliciouz. (2022, April 18). Metode Pembelajaran Daring. Diambil kembali dari Quipper Blog: https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/metode-pembelajaran-daring/
Wikipedia. (2023, Januari 9). Metode. Diambil kembali dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Metode#:~:text=Metode%20(berasal%20dari%20Bahasa%20Yunani,yang%20ditentukan%20untuk%20menyelesaikan%20tugas.
Yasmansyah, & Sesmiarni, Z. (2022). Pendidikan dan Teknologi Dalam Perspektif Al Quran. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 95-104.
DOI: https://doi.org/10.38153/al%20marhalah.v7i1.182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammad Irfan Zain, Imas Kania Rahman, Abas Mansur Tamam
View My Stats