PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMKN 26 JAKARTA

Authors

  • Mugiyono Universitas Islam Jakarta
  • Dhya Rahma Suci Mulya Universitas Islam Jakarta

Keywords:

Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Praktik Shalat Jenazah

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan menurunnya hasil belajar siswa karena pendidik kurang teliti pada saat memilih metode pembelajaran, terutama dalam praktik shalat jenazah, hal ini menyebabkan hasil belajar siswa rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengukur dampak dari penerapan metode demonstrasi terhadap hasil belajar siswa dan menganalisis strategi peningkatan hasil belajar siswa dalam praktik salat jenazah melalui metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif analisis korelasional dengan menggunakan instrument kuesioner yang disebar pada 41 sampel dari total 467 populasi kelas XII di SMKN 26 Jakarta. Adapun instrument kuesioner berjumlah 20 butir pernyataan positif dan negative pada variabel X, serta Daftar nilai tes praktik shalat jenazah pada variabel Y. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik, dilihat dari uji koefisien korelasi menghasilkan 0,525 dan koefisien determinasi sebesar 0,276. Hasil (ro ) lebih besar dari (rt) pada taraf signifikan 5% sebesar 0,316 dan 1% sebesar 0,408. Dengan demikian hipotesis nihil ditolak, sedangkan hipotesis alternatif diterima atau disetujui, artinya terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran demonstrasi terhadap hasil belajar peserta didik sebesar 0,525 atau 52,5%.

References

Ade, Regina. Belajar dan Pembelajaran, Padang: Guepedia, 2020.

Binhadjid. Interpretasi Makna “At-Thariqah Ahammu Mina-l-Maddah”, Interpretasi Makna “At-Thariqah Ahammu Mina-l-Maddah” | Gontor. Diakses 21 Februari 2023.

Faradillah, Ayu. dkk. Evaluasi Proses & Hasil Belajar Matematika dengan Diskusi dan Simulasi, Jakarta Selatan: Uhamka Press, 2020.

Fathoni, Ahmad. Panduan Praktis Shalat Jenazah dan Perawatan Jenazah, Jakarta: Media Pressindo, 2018.

Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.

Hamdanah dan Hasanuddin, Iqbal (eds). Media Pembelajaran Berbasis ICT, Parepare: IAIN Parepare Nusantara Press, 2019.

Hemdi, Yoli. Tata Cara Shalat Lengkap Yang Dicintai Allah dan Rasulullah, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2018.

Khomaeny dan Hamzah, Nur (eds). Metode-Metode Pembelajaran Pendidikan Karakter Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman 12-19, Tasikmalaya: Edu Publisher, 2019.

Kurniawan, Andri. dkk. Metode Pembelajaran Dalam Student Center Learning (SCL), Cirebon: Wiyata Bestari Samasta, 2022.

Lufri. dkk. Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, Metode Pembelajaran, Purwokerto: CV IRDH, 2020.

Maruwae, Abdulrahim. Telaah Hasil Belajar Strategi Pembelajaran dan Gaya Kognitif, Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Nabil, N. (2020). Dinamika Guru Dalam Menghadapi Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 51-62.

Ramadhani, Rahmi. dkk. Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Sariani, Novita. dkk. Belajar dan Pembelajaran, Tasikmalaya: Edu Publisher, 2020.

Sarwat, Ahmad. Fiqih Shalat Jenazah, Jakarta Selatan: Rumah Fiqih Publishing, 2018

Subakti, Hani. dkk. Inovasi Pembelajaran, Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Tulusiawati dan Zulfah, Machnunah Ani (eds). Fiqih Kelas IX MTs, Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah, 2021.

Wilyantri, Wiwik. Penerapan Metode Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris, Purwokerto: CV Tatakata Grafika, 2022.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Mugiyono, M., & Suci Mulya, D. R. (2023). PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMKN 26 JAKARTA. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 100–118. Retrieved from https://journal.almarhalah.ac.id/index.php/almarhalah/article/view/115

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.