METODE KREATIF PEMBELAJARAN DARING

Authors

  • Muh. Irfan Zain SMAIT Al Binaa, Bekasi
  • Imas Kania Rahman Universitas Ibn Khaldun Bogor
  • Abas Mansur Tamam Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.38153/almarhalah.v7i1.111

Keywords:

Pembelajaran, Daring, Teknologi, Pendidikan

Abstract

Penelitian dalam artikel ini mendeskripsikan tentang konsep pembelajaran daring, latar belakangnya, pembelajaran daring sebagai sebuah model pembelajaran masa kini, pentingnya memahami teknologi pembelajaran dalam melakukan kegiatan pembelajaran khususnya secara daring, pentingnya menumbuhkan kreativitas peserta didik untuk kesuksesan kegiatan pembelajaran secara daring, hal-hal positif yang didapatkan dengan penerapan pola pembelajaran daring, masalah-masalah dalam pembelajaran daring dan pola penanganan masalah-masalah tersebut.

Penelitian dalam artikel ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kepustakaan, menggali sumber-sumber data dari berbagai literatur baik dari jurnal, buku dan artikel-artikel dari berbagai situs yang mengangkat tema yang relevan dengan artikel ini.

Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa agama Islam adalah agama yang senantiasa mendorong manusia untuk melakukan inovasi-inovasi positif bagi kehidupan dengan memanfaatkan alam raya yang telah Allah jadikan untuk menunjang dan memudahkan aktivitas hidup mereka termasuk dalam bidang pendidikan.

Perkembangan zaman dengan berbagai fenomena hidup dan permasalahannya yang sangat dinamis telah memicu terjadinya perubahan yang besar dalam segala lini kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Sebagai agama yang mendorong adanya dinamisasi yang positif, Islam memerintahkan pemeluknya untuk mempelajari dan mempeluas wawasan literasi mereka tentang teknologi pembelajaran.

Diharapkan dengan terbangunnya wawasan literasi yang baik tentang teknologi pembelajaran dapat menjadi sarana yang baik dalam pelaksanaan model pembelajaran era baru saat ini, yaitu dengan sistim pembelajaran daring.

References

Abdhul, Y. (2021, November 25). Studi Pustaka: Pengertian, Tujuan dan Metode. Diambil kembali dari deepublishstore: https://deepublishstore.com/studi-pustaka/

Afghani, D. R., & Sutama. (2020). Kreativitas Pembelajaran Daring Untuk Pelajar Sekolah Menengah Dalam Pandemi Covid-19. Journal of Informatics and Vocational Education (JOIVE), 70-75.

Atina. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Jarak Jauh ( Pjj) Di Tengah Pandemi Covid-19 Di Sdn 50 Mandau. PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 1324-1333.

Fadhillah, H. (2022, Agustus 22). Belajar Menjadi Guru Kreatif dan Inovatif di Era Digital. Diambil kembali dari Sekolah Sukma Bangsa PIDIE: https://pidie.sukmabangsa.sch.id/belajar-menjadi-guru-kreatif-dan-inovatif-di-era-digital/

Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.

Handayani, S., Mintarti, S. U., & Megasari, R. (2020). Model-Model Pembelajaran Inovatif di Era Revolusi Industri 4.0. Malang: Edulitera.

Hasriadi. (2022). Metode Pembelajaran Inovatif di Era Digitalisasi. Institut Agama Islam Negeri Palopo, 136-151.

Humas-UNY. (2019, Agustus 30). Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil kembali dari Inovasi Model Pembelajaran Digital: https://www.uny.ac.id/index.php/id/berita/inovasi-model-pembelajaran-digital

Indrawati. (2016). Pelatihan Metode Pembelajaran Widyaiswara Penyesuaian/Inpassing. Jakarta: LAN RI.

Izzah, A., & Mariyanti, O. (2019). Pentingnya teknologi Dalam Pembelajaran. Diambil kembali dari www.academia.edu: https://www.academia.edu/40485470/MAKALAH_TEKNOLOGI_PEMBELAJARAN_Pentingnya_teknologi_Dalam_Pembelajaran_

KBBI. (2023, Januari 23). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Diambil kembali dari kbbi.web.id: https://kbbi.web.id/metode

Koesnandar, A. (2021, Februari 25). Pembelajaran Kolaboratif di Era dan Pasca Pandemi, Mengapa Tidak? Diambil kembali dari Pena Rumah Belajar Kemendikbud: http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2021/02/pembelajaran-kolaboratif-di-era-dan-pasca-pandemi-mengapa-tidak/

Mendikbud. (2020, Maret 24). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Mendikbud. (2020, Maret 18). Penundaan Kegiatan Lomba-Lomba Tahun 2020. Diambil kembali dari PUSAT INFORMASI COVID-19 KOTA MOJOKERTO: https://covid19.mojokertokota.go.id/storage/assets/file/se/1355528555.pdf

Nurdi, M. S. (2020, November 20). Pentingnya Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Diambil kembali dari HMPS MPI UIN MALANG: https://www.hmjmpiuinmaliki.or.id/2020/11/pentingnya-literasi-teknologi-informasi.html

Nabil, N. (2020). Dinamika Guru Dalam Menghadapi Media Pembelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 51-62.

Samosir, C. M., & Boiliu, F. M. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring di Masa Pandemi Covid 19. JURNAL BASICEDU, 2592 - 2600.

Sereliciouz. (2022, April 18). Metode Pembelajaran Daring. Diambil kembali dari Quipper Blog: https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/metode-pembelajaran-daring/#:~:text=Metode%20pembelajaran%20daring%20(dalam%20jaringan,di%20era%20pandemi%20seperti%20sekarang.

Sereliciouz. (2022, April 18). Metode Pembelajaran Daring. Diambil kembali dari Quipper Blog: https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/metode-pembelajaran-daring/

Wikipedia. (2023, Januari 9). Metode. Diambil kembali dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Metode#:~:text=Metode%20(berasal%20dari%20Bahasa%20Yunani,yang%20ditentukan%20untuk%20menyelesaikan%20tugas.

Yasmansyah, & Sesmiarni, Z. (2022). Pendidikan dan Teknologi Dalam Perspektif Al Quran. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 95-104.

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Irfan Zain, M., Kania Rahman, I., & Mansur Tamam, A. (2023). METODE KREATIF PEMBELAJARAN DARING. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 51–64. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v7i1.111

Issue

Section

Articles