IMPLEMENTASI ABSENSI FINGERPRINT SISWA TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DI MAN 1 KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.38153/almarhalah.v6i1.11Keywords:
Fingerprint, Absesnsi, Disiplin SiswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan siswa dengan penerapan absensi sidik jari. Penelitian ini menggunakan metode campuran (kombinasi kuantitatif dan kualitatif). Dalam penelitian ini, pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara, seperti angket, wawancara dan dokumentasi. Responden diminta untuk mengisi beberapa pernyataan terkait penerapan absensi sidik jari dan kedisiplinan siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi sederhana (Simple Linear Regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara penerapan absensi sidik jari siswa dengan disiplin siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig. p-value = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak H1 diterima. Jika dilihat dari model ringkasan absensi sidik jari siswa mempengaruhi kedisiplinan siswa sebesar 26,3% dan ini termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian, hanya sebagian besar siswa yang menggunakan absensi sidik jari di sekolah. oleh karena itu penerapan absensi sidik jari siswa harus terus ditingkatkan agar memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kedisiplinan siswa khususnya dalam kehadirannya di sekolah.
References
Aditya, F. R. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Menggambar 3 Dimensi Pada Standar Kompetensi Menggambar Dengan Perangkat Lunak. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3(1/JKPTB/14).
Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 85–98.
Ahsaniyah, S. (2019). Hubungan Penerapan Absensi Fingerprint denagn kedisiplinan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Ihsan Sidoarjo. IAIN Tulungagung.
Aminah, S. (n.d.). Kontribusi layanan bimbingan dan konseling dalam membina disiplin belajar siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 59 Jakarta.
Azzet, A. M. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia (p. 28). Ar Ruz Media.
Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (Vol. 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Dayanti, M. A. D. (2016). Hubungan Antara Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sd Gugus Merbabu Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung. Universitas Negeri Semarang.
Duwi Priyatno. (2018). SPSS Panduan Mudah Olah Data Bagi Mahasiswa & Umum (p. 25). Andi.
Fathimiyah, U. (2016). Pengaruh Absensi Sidik Jari ( Finger ) Dan Kedisiplinan Karyawan ( Studi Kasus di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam , dan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan , UIN Walisongo Semarang ). Pengaruh Absensi Sidik Jari ( Finger ) Dan Kedisiplinan Karyawan ( Studi Kasus Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam , Dan Di Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan , UIN Walisongo Semarang ).
Fiana, F. J., Daharnis, D., & Ridha, M. (2013). Disiplin siswa di sekolah dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 2(3).
Firliana, R., & Rhohman, F. (2019). Aplikasi Sistem Informasi Absensi Mahasiswa dan Dosen. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 2(2), 70–74.
Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.
Hadi Purnomo, C. A., Djudi, M., & Mayowan, Y. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Tetap PT Karoseri Tentrem Sejahtera Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 48(1), 28–35.
Hamdi, A. S., & Bahruddin, E. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan (pp. 49–50). Deepublish.
Handayani, T., & Astuti, M. (2018). Manajemen Kelas Min 1 Teladan Palembang. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 4(2), 141–155.
Hardian, A. A., Amini, A., & Elfrianto, E. (2021). Analisis Kecerdasan Intelektual Kepala Sekolah di SMA Tarbiyah Islamiyah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 7(1), 118–131.
Jailani, A. B. (2020). Kompetensi guru dalam mengelola Kelas VIII pada pembelajaran IPS di MTs Darullughah wal Karomah Probolinggo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Kertawijaya, F. (2018). Pengaruh Absensi Fingerprint Terhadap Disiplin Tenaga Kependidikan Di SMP PGRI Jakarta. SNIT 2018, 1(1), 15–26.
Muri Yusuf. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (p. 372). Prenada Media.
Murni, S., & Sabaruddin, R. (2018). Pemanfaatan Qr Code Dalam Pengembangan Sistem Informasi Kehadiran Siswa Berbasis Web. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(2).
Na’im, N. (2012). Character Building: Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa (p. 142). Ar Ruz Media.
Pasikha, N. (2017). Implementasi Manajemen Kelas Dalam Mengatasi Masalah Disiplin Siswa. DIALEKTIKA Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 55–67.
Ramdani, R. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Bangsa Melalui Kegiatan Bedhol Bhawikarsu Di Sma Negeri 3 Malang. University of Muhammadiyah Malang.
Rein, T. R., & Basuki, S. (2019). Perancangan Sistem Informasi Absensi Siswa Pada Sma Muhammadiyah 4 Perumnas 1 Tangerang Berbasis Web Dan Sms Gateway. Insan Pembangunan Sistem Informasi Dan Komputer (IPSIKOM), 7(1).
Rizal, R. (2020). Peran Guru Pkn Dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Bagi Siswa Di Sma Negeri 1 Jatirogo. Jurnal Pendidikan Edutama.
Rustam, A., Sari, E. D., & Yunita, L. (2018b). Statistika dan pengukuran pendidikan: analisis menggunakan SPSS, Iteman dan Lisrel. PT. Ilham Sejahtera Persada.
Saimroh. (2018). Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran di Madrasah Aliyah (p. 30). Balai Litbang Agama Jakarta Press.
Salutondok, Y., & Soegoto, A. S. (2015). Pengaruh kepemimpinan, motivasi, kondisi kerja dan disiplin terhadap kinerja pegawai di kantor sekretariat DPRD Kota Sorong. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3).
Sari, eva dwi kumala, & Falani, I. (2021). Developing Instrument to Measure Elementary School Teachers ’ Professional Ethics in Indonesia. Elementery Education Online, 20(2), 133–144. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2021.02.14
Setiawan, R. R., Latifah, N., & Khotimah, T. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak Absensi Siswa Dengan Permodelan Sistem Terdistribusi.
Siti Ahsaniyah. (2019). Hubungan Penerapan Absensi Fingerprint dengan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Ihsan Krian Sidoarjo. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods (p. 415). Alfabeta.
Wati, R., & Suyono, S. (2019). Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System) Penilaian Kedisiplinan Siswa Menggunakan Metode Topsis (Studi Kasus: Smk Ma’arif Sukoharjo). Expert: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 9(1).
Winarti, D. (2013). Pengembangan Aplikasi Absensi Pegawai Berbasis Web Dan Absensi Siswa Berbasis Sms Sma Negeri 1 Imogiri. Pengembangan Aplikasi Absensi Pegawai Berbasis Web Dan Absensi Siswa Berbasis Sms, 1–15.
Wiyani, N. A. (2014). Manajemen Kelas Teori dan Aplikasi untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif (p. 158). Ar Ruz Media.
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini: Panduan Orang Tua Dan Guru Dalam Membentuk Kemandirian Dan Kedisiplinan Anak Usia Dini . Yogyakarta: Ar Ruz Media.