PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI SURVEY SMK DAARUL ULUUM JAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.38153/almarhalah.v8i2.106Keywords:
Teacher Competence, Student Learning MotivationAbstract
ABSTRAK
Researchers conducted research based on the results of research data conducted on
students at Daarul Uluum Vocational School, Jakarta. The problem in this research is
what is competence Teachers have a significant influence on students learning
motivation at Daarul Uluum Vocational School, Jakarta. The ai m of this research is to
find out the influence of teacher competence on students learning motivation. Teacher
competency must be owned and applied by teachers This study uses a quantitative
approach. The sample in this research was 31 students, analyzed using the product
moment correlation technique. The results of this research show that Teacher Competence
has an influence on Student Learning Motivation. Based on the results of product moment
analysis calculations, it is obtained that "rxy" or "ro" is 0.616, while "rt" in the table is
significant at 5% = 0.361 and the 1% significance level is 0.463. In this way it can be
known that "ro" > "rt" at both 5% and 1% significance. Based on these results the
Alternative Hypothesis (Ha) was accept?ed and the Null Hypothesis (Ho) was rejected. So
it can be concluded that there is an influence of teacher competency on student learning
motivation at Daarul Uluum Vocational School, Jakarta.
Keywords: Teacher Competence, Student Learning Motivation
ABSTRAK
Peneliti melakukan penelitian di latar belakangi oleh hasil data penelitian yang di lakukan
terhadap peserta didik di SMK Daarul Uluum Jakarta, Permasalahan yang ada di dalam
penelitian ini adalah apakah kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi
belajar siswa di SMK Daarul Uluum Jakarta. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui
pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa. Kompetensi guru harus
dimiliki dan di terapkan oleh guru . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang, dianalisis dengan menggunakan Teknik
korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Guru
berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa. Berdasarkan hasil perhitungan analisis
product moment diperoleh “rxy” atau “ro” sebesar 0,616 seda?ngkan “rt” pada table
signifikan 5% = 0,361 dan taraf signifikan 1% adalah 0,463. Dengan demikian dapat
diketahui bahwa “ro” > “rt” baik pada signifikan 5% maupun 1%. Berdasarkan hasil
tersebut Hipotesis Altern?atif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Maka dapat
disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar
Siswa di SMK Daarul Uluum Jakarta.
References
Anwar, Muhammad. Menjadi Guru Profesional. 2018. Jakarta : Prenadamedia Group
Anwar, Muhammad & Rusmin B, Muhammad. Etika Profesi Keguruan. 2023. Jakarta : PT Bumi Aksara
Audina. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK di SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah: Makassar. (2017)
Arisman, dkk. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mtsn 2 Bone Kabupaten Bone. Jurnal Diskursus Islam, Vol. 06 No. 3. (2018)
Agusmen, Tubel, dkk. Dasar Metode Penelitian Kualitatif. 2023. Batam : CV. Rey Media Grafika
Aditya, Addin, dkk. Metodologi Penelitian Ilmiah Dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi. 2022. Yogyakarta : Penerbit ANDI (Anggota IKAPI)
Adiwijaya, Saputra, dkk. Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. 2024. Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Abubakar, Rifa’i. Pengantar Metodologi Penelitian. 2021. Yogyakarta : SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga
Daryanto. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. 2013. Yogyakarta : Penerbit Gava Media
Darwati, Sri. Menulis Permulaan Dengan Pias-pias Kata. 2022. Pekalongan : Penerbit NEM
Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.
Herwati, dkk. Motivasi Dalam Pendidikan. 2023. Malang : PT Literasi Nusantara Abadi Group
Haryanto. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Two Stay Two Stray. 2022. Lombok Tengah : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia
Hidayati, Nurul. Kompetensi dan Komitmen ProfesiPendidikan. 2021. Pasuruan : CV. Penerbit Qiara Media
Inayah, Ridaul, dkk. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, Vol. 1 No. 1. (2013)
Junaidi, Harimawan. Sukses Menjadi Guru Humoris dan Idola yang Dikenang Siswa Sepanjang Masa. 2019. Yogyakarta : Araska
Lestari, Endang Titik. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasa. 2020. Yogyakarta : Deepublish Publisher
Masitoh, Siti. Meningnkatnya Hasil Belajar Siswa Dengan Strategi Komplementer MelaluiMotivasi Belajar. 2023. Sumedang : CV. Mega Press Nusantara
Muslihat. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. 2020. Yogyakarta : Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA
Munasih. Monograf Metode Pembelajaran Bermain Peran Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Sejarah. 2023. Riau : CV. DOTPLUS Publisher
Octavia, Shilphy A. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. 2020. Yogyakarta : Deepublish Publisher
Purwanto, Anim. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Teori dan Contoh Praktis. 2021 : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia
Rahardja, Untung, dkk. Statistik Deskriptif Teori. Rumus. Kasus Untuk Penelitian. 2023. Banten : Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM)
Roesminingsih, dkk. Metodologi Penelitian Kuantitatif. 2024. Madiun : CV. Bayfa Cendekia Indonesia
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. 2018. Depok : PT RajaGrafindo Persada
Sahyar, dkk. Ilmu Manajemen Tanya Jawab Teori dan Praktik. 2023. Medan : UMSU Press
Seftiawan, D. (2019). 70 Persen Guru Tidak Kompeten. Diakses pada 17 Desember 2023, dari https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01317844/70-guru-tidak-kompeten
Susanti, Lidia. Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. 2019. Jakarta : PT Elex Media Komputindo
Suhardi, Muhamad. Buku Ajar Dasar Metodologi Penelitian. 2023. Lombok Tengah : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia
Sugeng, Bambang. Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). 2020. Yogyakarta : Deepublish Publisher
Wujarso, Riyanto. Prinsip Manajemen : Mengelola Bsnis Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan. 2023. Kalimantan Tengah : PT Asadel Liamsindo Teknologi
Wahyuningrum, Selli, dkk. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Secara Online. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin, Vol. 3. (2020)
Widiana, Wayan, dkk. Validasi Penyusunan Instrumen Penelitian Pendidikan. 2020. Depok : PT RajaGrafindo Persada
Yudiyanto, Mohamad. Revitalisasi Peran Ekstrakulikuler Keagamaan di Sekolah. 2021. Sukabumi : Farha Pustaka
Yuliani, Wiwin & Supriatna, Ecep. Metode Penelitian Bagi Pemula. 2023. Bandung : Widina Bhakti Persada Bandung
Yunus, S. (2017). Mengkritisi Kompetensi Guru. Diakses pada 17 Desember 2023, dari https://news.detik.com/kolom/d-3741162/mengkritisi-kompetensi-guru
Zakky. (2020). Pengertian Variabel Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]. Diakses pada 17 Desember 2023, dari http://www.zonareferensi.com/pengertian-variabel/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Cindy Veronica, Mugiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.