PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI SURVEY SMK DAARUL ULUUM JAKARTA)

Authors

  • Cindy Veronica Universitas Islam Jakarta
  • Mugiyono

DOI:

https://doi.org/10.38153/almarhalah.v8i2.106

Keywords:

Teacher Competence, Student Learning Motivation

Abstract

ABSTRAK

Researchers conducted research based on the results of research data conducted on

students at Daarul Uluum Vocational School, Jakarta. The problem in this research is

what is competence Teachers have a significant influence on students learning

motivation at Daarul Uluum Vocational School, Jakarta. The ai m of this research is to

find out the influence of teacher competence on students learning motivation. Teacher

competency must be owned and applied by teachers This study uses a quantitative

approach. The sample in this research was 31 students, analyzed using the product

moment correlation technique. The results of this research show that Teacher Competence

has an influence on Student Learning Motivation. Based on the results of product moment

analysis calculations, it is obtained that "rxy" or "ro" is 0.616, while "rt" in the table is

significant at 5% = 0.361 and the 1% significance level is 0.463. In this way it can be

known that "ro" > "rt" at both 5% and 1% significance. Based on these results the

Alternative Hypothesis (Ha) was accept?ed and the Null Hypothesis (Ho) was rejected. So

it can be concluded that there is an influence of teacher competency on student learning

motivation at Daarul Uluum Vocational School, Jakarta.

Keywords: Teacher Competence, Student Learning Motivation

ABSTRAK

Peneliti melakukan penelitian di latar belakangi oleh hasil data penelitian yang di lakukan

terhadap peserta didik di SMK Daarul Uluum Jakarta, Permasalahan yang ada di dalam

penelitian ini adalah apakah kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap motivasi

belajar siswa di SMK Daarul Uluum Jakarta. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui

pengaruh kompetensi guru terhadap motivasi belajar siswa. Kompetensi guru harus

dimiliki dan di terapkan oleh guru . Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.

Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang, dianalisis dengan menggunakan Teknik

korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kompetensi Guru

berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa. Berdasarkan hasil perhitungan analisis

product moment diperoleh “rxy” atau “ro” sebesar 0,616 seda?ngkan “rt” pada table

signifikan 5% = 0,361 dan taraf signifikan 1% adalah 0,463. Dengan demikian dapat

diketahui bahwa “ro” > “rt” baik pada signifikan 5% maupun 1%. Berdasarkan hasil

tersebut Hipotesis Altern?atif (Ha) diterima dan Hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Maka dapat

disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar

Siswa di SMK Daarul Uluum Jakarta.

References

Anwar, Muhammad. Menjadi Guru Profesional. 2018. Jakarta : Prenadamedia Group

Anwar, Muhammad & Rusmin B, Muhammad. Etika Profesi Keguruan. 2023. Jakarta : PT Bumi Aksara

Audina. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK di SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Skripsi. Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah: Makassar. (2017)

Arisman, dkk. Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Mtsn 2 Bone Kabupaten Bone. Jurnal Diskursus Islam, Vol. 06 No. 3. (2018)

Agusmen, Tubel, dkk. Dasar Metode Penelitian Kualitatif. 2023. Batam : CV. Rey Media Grafika

Aditya, Addin, dkk. Metodologi Penelitian Ilmiah Dalam Disiplin Ilmu Sistem Informasi. 2022. Yogyakarta : Penerbit ANDI (Anggota IKAPI)

Adiwijaya, Saputra, dkk. Buku Ajar Metode Penelitian Kualitatif. 2024. Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia

Abubakar, Rifa’i. Pengantar Metodologi Penelitian. 2021. Yogyakarta : SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga

Daryanto. Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. 2013. Yogyakarta : Penerbit Gava Media

Darwati, Sri. Menulis Permulaan Dengan Pias-pias Kata. 2022. Pekalongan : Penerbit NEM

Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.

Herwati, dkk. Motivasi Dalam Pendidikan. 2023. Malang : PT Literasi Nusantara Abadi Group

Haryanto. Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar dengan Two Stay Two Stray. 2022. Lombok Tengah : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Hidayati, Nurul. Kompetensi dan Komitmen ProfesiPendidikan. 2021. Pasuruan : CV. Penerbit Qiara Media

Inayah, Ridaul, dkk. Pengaruh Kompetensi Guru, Motivasi Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Lasem Jawa Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, Vol. 1 No. 1. (2013)

Junaidi, Harimawan. Sukses Menjadi Guru Humoris dan Idola yang Dikenang Siswa Sepanjang Masa. 2019. Yogyakarta : Araska

Lestari, Endang Titik. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasa. 2020. Yogyakarta : Deepublish Publisher

Masitoh, Siti. Meningnkatnya Hasil Belajar Siswa Dengan Strategi Komplementer MelaluiMotivasi Belajar. 2023. Sumedang : CV. Mega Press Nusantara

Muslihat. Pengembangan Kompetensi Kepribadian Guru. 2020. Yogyakarta : Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA

Munasih. Monograf Metode Pembelajaran Bermain Peran Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Sejarah. 2023. Riau : CV. DOTPLUS Publisher

Octavia, Shilphy A. Motivasi Belajar Dalam Perkembangan Remaja. 2020. Yogyakarta : Deepublish Publisher

Purwanto, Anim. Konsep Dasar Penelitian Kualitatif Teori dan Contoh Praktis. 2021 : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Rahardja, Untung, dkk. Statistik Deskriptif Teori. Rumus. Kasus Untuk Penelitian. 2023. Banten : Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (APTIKOM)

Roesminingsih, dkk. Metodologi Penelitian Kuantitatif. 2024. Madiun : CV. Bayfa Cendekia Indonesia

Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. 2018. Depok : PT RajaGrafindo Persada

Sahyar, dkk. Ilmu Manajemen Tanya Jawab Teori dan Praktik. 2023. Medan : UMSU Press

Seftiawan, D. (2019). 70 Persen Guru Tidak Kompeten. Diakses pada 17 Desember 2023, dari https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01317844/70-guru-tidak-kompeten

Susanti, Lidia. Strategi Pembelajaran Berbasis Motivasi. 2019. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Suhardi, Muhamad. Buku Ajar Dasar Metodologi Penelitian. 2023. Lombok Tengah : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia

Sugeng, Bambang. Fundamental Metodologi Penelitian Kuantitatif (Eksplanatif). 2020. Yogyakarta : Deepublish Publisher

Wujarso, Riyanto. Prinsip Manajemen : Mengelola Bsnis Untuk Masa Depan Yang Berkelanjutan. 2023. Kalimantan Tengah : PT Asadel Liamsindo Teknologi

Wahyuningrum, Selli, dkk. Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Secara Online. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin, Vol. 3. (2020)

Widiana, Wayan, dkk. Validasi Penyusunan Instrumen Penelitian Pendidikan. 2020. Depok : PT RajaGrafindo Persada

Yudiyanto, Mohamad. Revitalisasi Peran Ekstrakulikuler Keagamaan di Sekolah. 2021. Sukabumi : Farha Pustaka

Yuliani, Wiwin & Supriatna, Ecep. Metode Penelitian Bagi Pemula. 2023. Bandung : Widina Bhakti Persada Bandung

Yunus, S. (2017). Mengkritisi Kompetensi Guru. Diakses pada 17 Desember 2023, dari https://news.detik.com/kolom/d-3741162/mengkritisi-kompetensi-guru

Zakky. (2020). Pengertian Variabel Menurut Para Ahli dan Secara Umum [Lengkap]. Diakses pada 17 Desember 2023, dari http://www.zonareferensi.com/pengertian-variabel/

Downloads

Published

2024-08-22

How to Cite

Cindy Veronica, & Mugiyono. (2024). PENGARUH KOMPETENSI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (STUDI SURVEY SMK DAARUL ULUUM JAKARTA). Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 175–187. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v8i2.106

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.