ISU-ISU KRITIS DALAM PENDIDIKAN “ LEMAHNYA KUALITAS TES UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) DITINGKAT SEKOLAH DASAR”.

Authors

  • Eva Dwi Kumala Sari STIT Al-Marhalah Al-‘Ulya Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.38153/almarhalah.v1i1.100

Abstract

Penulisan makalah ini didasari oleh rendahnya mutu pedidikan dasar di Indonesia dengan melihat hasil TIMSS versi Indonesia tahun 2006 (Puspendik, 2007) menunjukkan prestasi bidang matematika dan bahasa, dengan standar pencapaian 65% soal dapat dijawab benar, hanya akan ada kurang dari 10% siswa sampel uji yang mampu mencapainya. Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui kualitas tes ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) yang digunakan, untuk mata ujian disekolah dasar. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode deskriptif, yaitu memecahkan masalah-masalah yang muncul dan kemudian dianalisis berdasarkan teori alternatif yang bisa dianggap sebagai jalan keluar dari masalah-masalah yang dihadapi. Populasi penelitian meliputi para orang tua dan respons siswa terhadap butir soal UASBN. (1)Mendeskripsikan kelemahan pembelajaran yang terdapat di Sekolah Dasar berdasarkan informasi UASBN; (2) Mendeskripsikan peta kelemahan kognitif siswa Sekolah Dasar dalam proses pembelajaran dan menjawab UASBN.

References

Bauer, S.C. ( 17 September 2000). Sholud achivment test be used to judge school quality. Education policy analysis archives, 46, 1-18.

Djaali. (2006). Hasil Belajar Evaluasi dalam Evaluasi Pendidikan: Konsep dan aplikasi. Jakarta: Uhamka Press.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Press.

Ebel, R.L. (1979). Essential of educational measurement.( 3rd ed). New Jersey: Prentice- Hall, Inc., Englewood Cliffs.

Gronlund, N.E. (1982). Constructing achievement test.( 3rd ed). New York: Prentice Hall, Inc., Englewood Cliffs.

Hambleton, R.K., & Swaminathan, H. (1985). Item response theory: Principles and applicatios. Boston: Kluwer- Nijhoff Publishing.

Hambleton, R.K., & Swaminathan, H., & Rogers, H.J. (1991). Fundamental of item response theory. London: Sage Publication.

Naga, D.S. (1992). Pengantar Teori Sekor pada pengukuran pendidikan. Jakarta: Gunadarma.

Santoso Murwani. (2006). Evaluasi pendidikan: suatu pengantar, dalam evaluasi pendidikan: konsep dan aplikasi. Jakarta: Uhamka Press.

Sumarna Surapranata. (2006). Analisis, validitas, reliabilitas dan interpretasi hasil tes. Implementasi kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Thorndike, R.M. (2005). Measurement and evaluation in psychology and education ( 7th ed). New Jersey: Pearson Education, Inc.

Downloads

Published

2024-08-05

How to Cite

Eva Dwi Kumala Sari. (2024). ISU-ISU KRITIS DALAM PENDIDIKAN “ LEMAHNYA KUALITAS TES UJIAN AKHIR SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (UASBN) DITINGKAT SEKOLAH DASAR”. Almarhalah | Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 9–14. https://doi.org/10.38153/almarhalah.v1i1.100

Issue

Section

Articles