PENGGUNAAN METODE MONTESSORI DALAM KEGIATAN MENULIS DI PAUD

Wahyuni Nadar, Purwani Kusumawati Wijaya

Abstract


Penelitian  ini  dilakukan  berdasarkan  temuan  masalah  yang  berkaitan  dengan kemampuan  menulis  anak  di  PAUD.  Permasalahan tersebut  menuntut  perlunya  suatu  pendekatan,  metode  atau  model  pembelajaran untuk  menanganinya.  Pembelajaran  yang  dikembangkan  adalah  pembelajaran melalui metode Montessori. Menulis untuk anak usia dini merupakan suatu permasalahan klasik yang menjadi catatan khusus untu orang tua dan guru. Dalam menulis, anak tidak hanya dituntut untuk memiliki kematangan di aspek Bahasa, tetapi harus siap di aspek perkembangan motorik halus dan juga kognitif, Metode Montessori merupakan salah satu metode menulis yang dapat diterapkan di PAUD karena metode ini dapat terintegrasi ke semua aspek, memiliki media yang menarik dan langkah-langkah yang mudah. Tujuan   penelitian   ini   adalah   memperoleh   gambaran   mengenai   penggunaan metode  Montessori  dalam  meningkatkan  kemampuan  menulis  anak  usia  dini  di PAUD. Penelitian  ini  menggunakan  metode  kualitatif.   teknik   Pengumpulan   data   dalam   penelitian   ini   melalui   observasi, wawancara, dan dokumentasi

 

Keyword: menulis, anak usia dini, metode Montessori.

 


Full Text:

PDF

References


health.id. https://www.1health.id/id/artice/catagory/ibu-dan-anak/5-manfaat-

Abdurrahman, Mulyono. Anak dan Pembelajaran Paud. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Abu Ahmadi-Joko Tri Prastya. 2005. Strategis Belajar Mengajar. Bandung; CV Pustaka

AG, Mursyid, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung: PT. Remaja

Andang Suherman, Agus Mahendra, 2001. Menuju Perkembangan Menyeluruh Menyiasati Kurikulum Pendidikan Jasmani Disekolah Mengenah Umum. Jakarta:Direktorat Jendral

Bermain-pasir-bagi-tumbuh-kembang-anak.html, diakses pada 29 Juli 2019.

Britton,Lesley. 1992. Montessori Play and Learn . Crown Publishers; Inc.New York. USA.

Dhieni, Nurbiana,dkk. 2008. Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka; Jakarta

E.Mulyasa. 2003. Kurikulum Bebasis Kompetensi. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Ginting, Abdurahman. 2008. Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung ;

H. Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Hasnida. 2014. Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pembelajaran Anak Usia Dini.

Humaniora.

Isjoni. 2010. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung ; Alfabrta.

Jakarta: Prenadamedia Group.

Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Jarrett Olga, dkk 2011. Play in the sandpit. American Journal of Play.

Lati, Muukhtar, dkk. 2013, Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori dan praktek.

Meimulyani, Yani dan Caryoto. 2013. Media Pembelajaran Adaptif Bagi Anak Kebutuhan Khusus. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.

Mudlofir,Ali, Evi Fatimatur Rusydiyah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktek. Jakarta: Rajawali Pres.

Musfiroh, Tadkiroatun. 2009. Menumbuh kembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini

Olahraga

Papuh Fathurrohman dan M. Sobry Sutikno, 2007. Strategis Belajar Mengajar Melalui

Penanaman Konsep Utama dan Islam. Bandung; Rafika Aditama.

PT Grasindo.

Ranti Fajar. 2018. Lima Manfaat Bermain Pasir Bagi Tumbuh Kembang Anak.

Rosdakarya.

Setia.

Sudono, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Gorup

Sudono, Anggani. 2010. Sumber Belajar Dan Alat Permainan Untuk Anak Usia dini. Jakarta:

Syafnidawati. 2020. Penelitian Kualitatif. https://raharja.ac.id/2020/10/29/penelitian-kualitatif/#

Virgawati Vita. 2015. Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Perkembangan Kognitif (pengenalan sains) Anak Usia 3-4 Tahun di Paud Permata Huda Kabupaten Sragen. Skripsi:Universitas Negeri Semarang.

Wina Sanjaya, 2008. Strategis Pembelajaran Berorienstasi Standar Proses Pendidikan Jakarta : Kencana- Prenada Media Group.

Wiwin, Djauzak. 2017. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (pendekatan dan teknis). Jakarta; Media Maxima.

Zaman, Badru, dkk. 2008. Media Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: https://doi.org/10.38153/jurnal%20pendidika.v2i2.144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Al Hanin | Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini

View My Stats