UPAYA GURU PAI DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 2 PARE

Authors

  • Kunaenih Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta
  • Firdaus Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta
  • Nadiah Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Jakarta

Keywords:

Upaya, Guru, Mencegah Bullying

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peningkatan kasus Bullying yang akhir-akhir ini marak terjadi, bullying yang terjadi tidak hanya dilakukan secara langsung baik verbal maupun Non Verbal. Bahkan sudah terjadi juga di dunia maya melalui ujaran kebencian yang di sampaikan melalui media sosial. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; 1) Bagaimana upaya Guru PAI di SMA Negeri 2 Pare dalam mengatasi masalah Bullying di sekolah?, 2) faktor apa yang menjadi pendukung dan penghambat upaya guru dalam mencegah bullying di sekolah?, 3) Metode apakah yang digunakan guru dalam mencegah Bullying di sekolah?. SMA Negeri 2 Pare adalah salah satu sekolah favorit yang terletak di kecamatan Pare kab Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Mencegah terjadinya Bullying di Sekolah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Study Kasus dengan pendekatan Kualitatif, dengan key informan terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru dan Peserta didik. Hasil penelitian yaitu : 1). Dengan penguatan pendidikan karakter, 2). Meningkatkan rasa Nasionalisme, 3). Meningkatkan Rasa Religiusitas, 4). Mempertahankan budaya lokal sebagai daerah santri dalam karakter peserta didik.

References

R. Yohanda, “Metode Studi Kasus : Upaya-Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru,” Kordinat J. Komun. antar Perguru. Tinggi Agama Islam, vol. 19, no. 1, 2020, doi: 10.15408/kordinat.v19i1.17178.

H. Darmadi, “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional,” J. Edukasi, vol. 13, no. 2, 2015.

M. S. Jailani, Guru Profesional dan Tantangan Dunia Pendidikan, vol. 21, no. 1. 2014.

K. Kartika, H. Darmayanti, and F. Kurniawati, “Bullying di Sekolah : Pengertian, Dampak, Pembagian, dan Cara Menanggulanginya,” Pedagog. J. Ilmu Pendidik., vol. 17, no. 1, 2019.

A. Efianingrum, “MEMBACA REALITAS BULLYING DI SEKOLAH : TINJAUAN MULTIPERSPEKTIF SOSIOLOGI,” Dimens. J. Kaji. Sosiol., vol. 7, no. 2, 2020, doi: 10.21831/dimensia.v7i2.32584.

K. Kunaenih and N. Nadiah, “Hubungan MPLS Dalam Mengurangi Kasus Bullying di Sekolah Wilayah Jakarta Timur Provinsi DKI Jakarta,” Kordinat J. Komun. antar Perguru. Tinggi Agama Islam, vol. 19, no. 1, 2020, doi: 10.15408/kordinat.v19i1.17264.

Fauziyah, Nur Laily, Nabil, and Aldian Syah. “Analisis Sumber Literasi Keagamaan Guru PAI Terhadap Siswa Dalam Mencegah Radikalisme Di Kabupaten Bekasi.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam Vol 11 (2022): 503–17.

Published

2024-03-04

How to Cite

Kunaenih, K., Firdaus, F., & Nadiah, N. (2024). UPAYA GURU PAI DALAM MENCEGAH BULLYING DI SMA NEGERI 2 PARE. Almarhalah, 6(1), 1–9. Retrieved from https://journal.almarhalah.ac.id/index.php/almarhalah/article/view/2

Issue

Section

Articles